Scroll untuk melanjutkan membaca
5 Cara Mengatasi Printer Pending Tidak Mau Mencetak

5 Cara Mengatasi Printer Pending Tidak Mau Mencetak

Printer Pending. Artikel ini menjelaskan Cara Mengatasi Printer Pending Tidak Mau Mencetak atau Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Mencetak. Printer yang memiliki pesan pending saat ingin mencetak adalah masalah yang parah, terutama jika kita sedang terburu-buru dan printer tidak merespon dan ngeprint file yang ingin kita cetak.


Bagaimana Cara Mengatasi Printer Pending?

5 Cara Mengatasi Printer Pending Tidak Mau Mencetak

Bagaimana cara mengatasi printer pending? Berikut ini cara untuk memperbaiki Printer tidak bisa print. Tutorial ini sangat mudah untuk anda yang sedang panik terhadap printer yang pending!

Baca Juga : Cara Mengatasi Printer Tidak Merespon Perintah Print

Printer Pending adalah salah satu masalah paling umum yang dihadapi printer. Pending disini artinya printer tidak merespon dokumen yang akan dicetak. Akibatnya, pencetakan dokumen tertunda. Status pending ini terlihat di kotak Document Print Status, yang ditampilkan saat kalian mencoba ngeprint file.

Masalah ini sering terlihat pada sistem operasi Windows seperti Windows XP, Windows 7, 8, dan Windows 10. Meskipun masalah ini mudah diatasi dengan membatalkan dokumen yang dicetak dan mencetaknya kembali, masalah ini tidak selalu hilang.

Apa Penyebabnya Printer Pending Saat Mencetak?

Masalah printer yang pending saat ngeprint mungkin disebabkan oleh berbagai faktor. Namun perlu diperhatikan bahwa pada printer anda tidak ada kerusakan perangkat keras (hardware). 

Dengan demikian,  Anda dapat dengan mudah mengatasi masalah ini tanpa harus membongkar printer atau membawanya ke tukang services printer. Peristiwa printer yang pending ini dapat terjadi pada printer Epson, HP, atau Canon. 

Masalah printer yang pending ini biasanya tidak disebabkan oleh kerusakan komponen (perangkat keras). Alasan status pending pada printer biasanya karena kerusakan sistem (software). Berikut cara mengatasi printer yang terlambat.

Cara Mengatasi Printer Pending Tidak Mau Mencetak

Mengatasi Printer Pending Saat Mencetak adalah proses yang sederhana. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tidak dapat mencetak atau printer yang pending. Beberapa hal mungkin berhasil, tetapi jika tidak, Anda dapat mencoba metode lain agar printer dapat beroperasi kembali secara teratur.

1. Merestart Ulang Printer

Anda juga dapat mencoba Merestart Ulang Printer untuk menyelesaikan masalah printer yang pending. Dalam hal ini, restart berarti mematikan printer untuk sementara waktu dan kemudian menyalakannya kembali. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Tekan tombol "Power" untuk mematikan printer.
  • Cabut kabel USB dari laptop atau PC.
  • Mohon tunggu sebentar.
  • Hubungkan kabel USB ke laptop atau PC sekali lagi.
  • Untuk menghidupkan printer, tekan tombol "Power" kembali.
  • Silahkan Coba print sesuatu. (Jika berhasil maka selamat Cara Mengatasi Printer Pending Tidak Mau Mencetak telah selesai).
Mematikan dan menghidupkan printer juga dapat membatalkan antrian cetak (queue print) pada beberapa printer tertentu. Namun, jika printer Anda tidak mendukung, Anda harus menghapus antrian (queue print) secara manual. Caranya lihat dibawah.

2. Print Spooler

Anda dapat memperbaiki printer yang pending menggunakan Print Spooler pada laptop atau PC. Print spooler adalah layanan (Service) pada sistem operasi Windows yang berfungsi menangani pengoperasian printer.


Anda dapat mengembalikan status pending printer ke normal dengan menggunakan layanan Print Spooler. Print Spooler dapat digunakan untuk mengatasi printer yang pending. Untuk mengatasi masalah kesalahan pending printer saat mencetak, ikuti petunjuk ini.

  • Buka jendela RUN dengan cara Tekan tombol Windows dan tombol R secara bersamaan
  • Kemudian Ketik "services.msc" ke dalam kotak pencarian
  • Jangan lupa Klik tombol "OK" atau “ENTER”
  • Silahkan Tunggu hingga menu "Services" muncul atau terbuka
  • Lalu silahkan anda Cari "Print Spooler"
  • Klik kanan pada "Print Spooler" 
  • Lalu anda Pilih "Stop”
  • Silahkan agan meminimize jendela “Services”
  • Buka jendela baru di Explorer dengan cara Tekan tombol Windows + E
  • Silahkan agan buka "C:WindowsSystem32spoolPRINTERS."
  • Penting, kalian harus Hapus semua file yang ada didalamnya itu
  • Kemudian anda Buka kembali  jendela “Services”.
  • Lalu anda Klik kanan pada “Print Spooler”.
  • Terakhir seilahkan kalian Pilih “Start”, dan
  • Selesai.

File di C:WindowsSystem32spoolPRINTERS adalah file yang menyebabkan error printer pending. Dengan kita sudah menghapus seluruh file yang ada didalam folder “spoolPRINTERS” tersebut maka masalah printer pending dapat teratasi.


Baca Juga:

3. Merestart Komputer atau Laptop

Hal penting lain yang mungkin Anda lakukan untuk mengatasi masalah printer pending ini adalah dengan cara merestart komputer atau laptop anda. Dengan Merestart Komputer atau Laptop ini akan menghentikan semua program yang sedang berjalan dan menyebabkan sistem restart ulang. 

Printer pada umumnya akan dapat digunakan kembali tanpa masalah atau pending setelah restart. Namun, ini tidak dapat menjadi patokan utama, cara ini tidak selalu berhasil, dan printer tetap pending saat digunakan.

4. Menghentikan Queue Printer

Queue Printer artinya adalah antrian printer yang muncul ketika Anda mencetak lebih dari satu dokumen. Perintah ini sangat membantu untuk menyortir dokumen dan halaman yang dicetak ke dalam urutan berurutan berdasarkan perintah cetak.

Karena masalah dan kesalahan, Queue Printer ini terkadang menjadi macet dan proses print file tidak berjalan, sehingga pending pada halaman berikutnya yang akan dicetak. Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan menghapus salah satu file yang akan dicetak proses pending dapat terselesaikan.

Ini dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Klik kanan pada ikon printer kecil di taskbar yang terletak di bawah simbol printer
  • Pilih ikon printer lalu Klik kanan dan cancel
  • Lanjutkan dengan mulai mencetak ulang dokumen yang bermasalah tadi.

5. Mencobanya di Perangkat Lain

Jika printer masih tidak membalas perintah print, tidak dapat mencetak semua halaman, dan akhirnya hanya dapat mencetak selembar saja, mungkin ada masalah pada sistem di laptop atau PC Anda.

Anda dapat mencoba menghubungkan printer ke laptop atau PC lain untuk memastikannya. Coba cetak dokumen dari perangkat lain (PC, komputer, atau laptop).

Penutup

Nah itu dia 5 Cara Mengatasi Printer Pending Tidak Mau Mencetak. Cara ini berlaku untuk laptop, PC, dan komputer yang menjalankan Windows 7, Windows 8, atau Windows 10. Cara ini juga berlaku untuk printer dari Epson, HP, Canon, Brother dan printer lainnya. Semoga sukses

Baca Juga:
World Trade Center Footage Webex Costs Virtual Data Rooms Structures Annuity Settlement Sell Annuity Payment Royalty Free Images Stock Register Free Domains Psychic for Free PHD on Counseling Education Personal Injury Lawyers Personal Injury Law Firm Paperport Promotional Code Online Stock Trading Online Motor Insurance Quotes Donate your Car for Money Online Colleges Neuson Online Classes Nunavut Culture Online College Course Motor Replacements Motor Insurance Quotes Mortgage Adviser Met Auto Mesothelioma Law Firm Massage School Dallas Texas Low Credit Line Credit Cards Life Insurance Co Lincoln Insurance Companies Injury Lawyers How to Donate A Car in California Home Phone Internet Bundle Holland Michigan College Car Insurance Quotes PA Donate Car for Tax Credit Donate Car to Charity California Data Recovery Raid Donate Cars in MA Futuristic Architecture Donate Your Car for Kids Online Criminal Justice Degree Donate Your Car Sacramento Donating a Car in Maryland Donating Used Cars to Charity Email Bulk Service Forensics Online Course Donate Old Cars to Charity Hard drive Data Recovery Services Online Colleges Paperport Promotional Code Online Classes World Trade Center Footage Massage School Dallas Texas Psychic for Free Donate Old Cars to Charity Low Credit Line Credit Cards Dallas Mesothelioma Attorneys Car Insurance Quotes MN Donate your Car for Money Cheap Auto Insurance in VA Met Auto Forensics Online Course Home Phone Internet Bundle Donating Used Cars to Charity PHD on Counseling Education Neuson Car Insurance Quotes PA Royalty Free Images Stock Car Insurance in South Dakota Email Bulk Service Webex Costs Cheap Car Insurance for Ladies Cheap Car Insurance in Virginia Register Free Domains Better Conference Calls Futuristic Architecture Mortgage Adviser Car Donate Virtual Data Rooms Online College Course Automobile Accident Attorney Auto Accident Attorney Car Accident Lawyers Data Recovery Raid Criminal lawyer Miami Motor Insurance Quotes Personal Injury Lawyers Car Insurance Quotes Asbestos Lung Cancer Injury Lawyers Personal Injury Law Firm Online Criminal Justice Degree Car Insurance Companies Dedicated Hosting, Dedicated Server Hosting ( Insurance Companies Business VOIP Solutions Auto Mobile Insurance Quote Auto Mobile Shipping Quote Health Records, Personal Health Record Online Stock Trading Mesothelioma Law Firm Donate Car to Charity California How to Donate A Car in California Donate Cars in MA Donate Your Car Sacramento Sell Annuity Payment Donate Your Car for Kids Asbestos Lawyers Structures Annuity Settlement Car Insurance Quotes Colorado Annuity Settlements Nunavut Culture Dayton Freight Lines Hard drive Data Recovery Services Donate a Car in Maryland Motor Replacements Cheap Domain Registration Hosting Donating a Car in Maryland Donate Cars Illinois Criminal Defense Attorneys Florida Best Criminal Lawyers in Arizona Car Insurance Quotes Utah Life Insurance Co Lincoln Holland Michigan College Online Motor Insurance Quotes
Bang Nagol
Situs Review dan Rekomendasi Printer dan 3D Printer, Tutorial Printer, Tips dan Trik Printer