Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Print Struk dari HP Android ke Printer Biasa, OTG dan Bluetooth

Print Struk dari HP. Saat ini sudah banyak pelaku UKM yang memanfaatkan aplikasi Print Struk dari HP mereka, disamping berguna untuk mencatat hasil penjualan, juga dapat membantu pelaku UKM untuk mencetak tanda terima (struk) pembayaran. Sebagaimana realitanya bahwa tanda terima (struk) kasir merupakan salah satu bukti transaksi jual-beli yang sah antara pembeli dengan penjual. 

Cara Cetak Struk dari HP Android ke Printer Biasa, OTG dan Bluetooth

Hal ini dimungkinkan mencegah permasalahan barang yang rusak, sehingga dapat dipertangungjawabkan oleh penjual ataupun sebaliknya. Aplikasi Print Struk dari HP kasir berbasiskan Android cukup bermanfaat bagi pelaku UKM seperti warung sembako, toko pakaian, minimarket atau toko barang kelontong lainnya. Dengan aplikasi ini memudahkan untuk ngeprint struk lewat hp. Baca juga : Printer 3D Murah Terbaik

Print Tanda Terima (Struk) Pembayaran Kasir di HP Android

Pencetak Struk HP. Smartphone saat ini bisa dipakai sebagai alat cetak struk dari hp dengan kontribusi perangkat keras tambahan. Dengan perlengkapan yang komplet, apa saja dapat kita kerjakan begitu simpel. Sama seperti bila kamu ingin mencetak tanda terima (struk) pembayaran kasir dari HP Android, karena itu kamu harus menyiapkan beberapa alat cetak struk yang diperlukan seperti di bawah ini.

Setiap melakukan transaksi bisnis, customer selalu terima struk pembayaran sebagai alat bukti pembelian yang sah dari penjual. Tidak cuman toko besar, untuk kamu yang sekarang ini jadi pelaku usaha UKM seperti warung sembako, toko kelontong, atau toko pakaian, toko hijab, atau toko kecil. Baca Juga : Harga Printer 3D Murah

Sekalinya bisa juga menggunakan nota kasir ini dengan manfaatkan technologi simpel. Kamu dapat memakai HP Android yang kamu punyai untuk cetak tanda terima pembayaran kasir seperti supermarket atau swalayan.

Ada alat bukti pembayaran akan mempermudah penjual dan konsumen bila setiap saat ada barang memiliki masalah untuk diganti atau dibalikkan. Oleh karena itu dengan technologi yang telah hebat, tiap aktor usaha bisa bikin tanda terima pembayaran kasir secara mandiri tanpa keluarkan dana mahal. 

Baca Juga : Tutorial Cara Print dari HP Android dengan Mudah

Ini memungkinkan sekali muncul karena beragam keringanan yang ada sekarang ini. Ditambah nyaris tiap orang telah mempunyai handphone yang semestinya dapat dipakai dalam beragam kepentingan terhitung transaksi bisnis jual-beli.

Alat Cetak Struk dari HP Android

Alat Cetak Struk Lewat HP. Saat sebelum anda ingin melakukan pencetakan struk transaksi jual beli, perlu kalian persiapkan terlebih dahulu beberapa Alat dalam membuat struk atau Tanda terima Pembayaran Kasir Lewat Handphone Android anda. User perlu memakai alat pihak ke-3 agar dapat mencetak struk jual beli.

Cara Cetak Struk dari HP Android ke Printer Biasa, OTG dan Bluetooth

Yang pastinya, dengan android saja, pemakai tak perlu lagi harus mempunyai sebuah computer atau netbook untuk dijadikan sebagai mesin kasir, karena itu silakan kamu siapkan beberapa alat print struk dari hp berikut yang dapat kamu peroleh di toko computer atau membeli lewat cara online di marketplace. Baca Juga: Resin Printer 3D Murah Terbaik

Aplikasi POS Kasir

Alat Print Struk dari HP pertama yang harus kamu perlukan ialah aplikasi POS Kasir. Aplikasi android ini dapat membantu pelaku UKM dalam mengelola dan memproses data pemasaran seperti halnya mencetak struk tanda terima pembayaran seperti mesin kasir minimarket. Baca Juga : Ngeprint dari HP ke Printer tanpa Kabel

Aplikasi POS Kasir ini dapat anda download di Playstore. Disitu banyak tersedia sekali program kasir tetapi kami anjurkan untuk menggunakan aplikasi "Kasir Pintar" karena tampilan yang user friendly benar-benar gampang dipakai oleh pemula sekalipun.

Printer POS Thermal

Alat Cetak Struk dari HP selanjutnya adalah printer POS thermal. Alat Printer thermal ini merupakan salah satu alat khusus yang berguna untuk mencetak struk tanda terima pembayaran pada kertas. Berdasar size kertasnya, printer ini dipisah menjadi dua tipe yakni 80mm dan 58 mm. Baca Juga : Software 3D Printer Terbaik

Anda dapat tentukan salah satunya saja sesuai keperluan. Akan tetapi hal yang terpenting ialah dengan membeli sebuah printer yang mempunyai sambungan bluetooth. Fitur wajib ada di printer tersebut karena akan membantu mempermudah anda dalam menyambungkan mesin printer ke handphone kalian.

Kertas Thermal

Alat Cetak Struk Lewat HP berikutnya yang bakal membantumu dalam mencetak struk tanda terima pembayaran kasir ialah Kertas Thermal. Kertas ini sebagai media output pada printer untuk mengaplikasikan data. Kertas thermal ialah sebuah kertas khusus dalam printer kasir thermal yang telah dilapis suatu cairan khusus hingga dapat mencetak mulai dari huruf, angka, dan karakter lewat alat pemanas di printer yang tidak lagi menggunakan tinta. Baca Juga : Printer 3D untuk Pemula

Baterai Untuk Printer

Kemudian Alat Cetak Struk dari HP selanjutnya adalah baterai. Anda harus memerlukan sebuah baterai buat sumber daya pada printer. Ada berbagai macam jenis printer thermal untuk handphone yang dapat anda gunakan, tentunya tak perlu kalian sambungkan lagi ke listrik.

Nah bila seadainya printer tersebut yang kami gunakan tidak memerlukan sebuah battery, maka kalian tak perlu menyiapkannya lagi. Silakan langsung saja disambungkan ke arus listrik saja. Bagaimana sudah kalian siapkankah?? Baca Juga : Printer 3D Professional

Apabila pelbagai peralatan yang dibutuhkan di atas telah anda persiapkan semua, langkah selanjutnya adalah tutorial cara untuk membuat struk tanda terima pembayaran kasir lewat HP Android. Sebetulnya langkah-langkahnya terbilang lumayan gampang untuk dipraktekkan. Silakan anda dibaca dengan baik agar sukses dan dapat bekerja dengan baik saat cara melakukan pencetakan struk dari hp android anda.

Tutorial Cara Mencetak Struk Tanda Terima Pembayaran Kasir di HP Android

Isi Printer Dengan Kertas Thermal Lalu Nyalakan

Cara yang pertama yang wajin anda kerjakan dalam mencetak struk tanda terima pembayaran kasir lewat hp tersebut ialah dengan mempersiapkan printernya terlebih dulu. Lalu, silahkan anda ambil kertas dan masukkan di thermal sekitar 1 gulung saja ke printer. Baca Juga : Merk Printer 3D Terbaik

Caranya dengan membuka penutup kertasnya lalu kemudian anda masukan kertas itu. Jangan lupa Posisikan sisi luar kertas menghadap komponen thermal yang warna hitam di tengah printer tersebut. Jika seandainya kertas yang telah dipasang dengan baik, maka silakan anda nyalakan printernya.

Silahkan Install Aplikasi POS Kasir di HP Android

Sesudah kalian telah siapkan printernya, anda harus juga mempersiapkan sebuah aplikasi bernama POS kasir supaya printer thermal dapat berfungsi untuk mencetak struk tanda terima pembayaran. BangNagol merekomendasikan untuk kalian menggunakan sebuah aplikasi Kasir Pintar. 

Aplikasi ini ada dua jenis, yakni versi berbayar dan versi gratis. Untuk kalian yang tidak memiliki modal ataupun ingin mencobanya terlebih dahulu silakan kalian gunakan yang gratis saja, bila dirasa sudah nyaman anda dapat mengupgradenya ke versi berbayarnya. Baca Juga : Cara Print dari HP lewat OTG

Anda dapat mengunduh aplikasi Kasir Pintar tersebut di Playstore. Mengapa harus menggunakan Kasir Pintar? Faktanya ialah benar-benar simpel untuk dipakai. Tampilannya yang user friendly terbilang simpel dan membuat orang dapat memakai dan mengoperasikannya secara mudah.

Koneksikan Printer Dengan Hp Lewat Bluetooth

Langkah seterusnya, anda dapat mengkoneksikan printer dengan smartphone lewat jaringan bluetooth. Pertama, silakan anda pencet tombol on untuk menghidupkan bluetooth yang ada di printer. Kemudian, silakan anda buka settingan bluetooth pada handphone. 

Lalu sambungkan dengan printer yang telah dideteksi. Umumnya, anda akan disuruh untuk memasukkan PIN sebagai code verifikasi. Masukan PIN default yang berbentuk angka "1234" karena itu printer akan langsung terkoneksi dan siap untuk dipakai. Baca Juga : Tutorial Print melalui Android

Input Data di Aplikasi Lalu Cetak Struk Tanda terima Pembayaran

Langkah terakhir ialah dengan memanfaatkan aplikasi Kasir Pintar sebagai mesin alat kasir. Silakan anda masukan data transaksi pembelian sama sesuai dengan yang kamu jual sampai ke pembayaran. Sesudah proses transaksi usai, maka ada opsi untuk cetak tanda terima (struk) pembayaran kasir. 

Baca Juga : Tutorial Cara Print dari HP Android dengan Mudah

Pastikan tentukan menu dalam mencetak lewat jaringan bluetooth. Click saja, maka secara automatis printer thermal cetak tanda terima berbelanja sesuai data transaksi bisnis yang kamu masukan barusan.

Cara Cetak Struk Jual-Beli Lewat Bluetooth  Komputer ke Printer

  1. Pertama kali, saat sebelum menggunakan printer kamu harus menyambungkan atau meng-install lebih dulu driver printer ke computer yang bakal digunakan. Driver ini umumnya akan didapat saat pembelian printer bluetooth.
  2. Sesudah driver sukses terinstall secara baik, hidupkan printer bluetooth-nya.
  3. Selanjutnya, buka Control Panel yang ada di komputer, lalu click Perangkat and Printer > klik pilihan Add Printer.
  4. Seterusnya tentukan menu Add Network, Wireless or Bluetooth Printer di komputermu.
  5. Nantikan sesaat sampai computer mendapati nama perangkat printer bluetooth. Setelah ketemu, click nama Printer.
  6. Di step ini kamu harus juga menunggu sesaat untuk proses pengaktifkannya. Apabila sudah usai, printer bluetooth juga siap dipakai untuk cetak sesuai kebutuhanmu.

Penutup

Sekian dulu penjelasan berkenaan cara cetak struk tanda terima pembayaran kasir lewat HP Android dengan mudah dan simpel yang  berguna bagi para pebisnis UKM atau UMKM. Disamping dapat menjadi sebuah alat bukti transaksi jual-beli yang sah, struk tanda terima pembayaran akan membuat toko kalian kelihatan cukup professional dimata pembeli. Baca Juga : Print dari HP lewat Bluetooth dan WiFi

Karena dengan teknologi yang telah mutakhir, kita dipermudahkan dalam beragam jenis kegiatan termasuk proses transaksi jual beli. Mudah-mudahan artikel cara membuat aplikasi cetak struk android kali ini bermanfaat untuk kita semua.

ARTIKEL LAINNYA