Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Rekomendasi Printer 3D Profesional Terbaik 2021

Printer 3D Terbaik. Dalam memilih sebuah printer 3D Printer Profesional, kita tidak perlu harus mempertimbangkan dari berbagai macam hal agar supaya untuk mendapatkan printer 3d profesional terbaik di indonesia sesuai dengan apa yang kita diinginkan. 

5 Rekomendasi Printer 3D Profesional Terbaik 2021 | bangnagol.eu.org
5 Rekomendasi Printer 3D Profesional Terbaik 2021

Untuk sekarang ini mungkin banyak yang telah memiliki dan sudah menggunakan printer 3D profesional untuk kebutuhan membuat mainan hingga bentuk perhiasan dan lainnya. 

Alhasil banyak sekali perusahaan-perusahaan yang telah menggunakan printer 3d profesional terbaik ini untuk membuat sekaligus menghasilkan suatu komponen prototipe dengan efektif.

Manfaat 3D Printer

Manfaat 3D Printing yang Perlu Anda Tahu. Apa saja manfaat dan kegunaan dari 3D Printer ini? nah berikut kami memberikan informasinya sebagai berikut:
  • Medis sekarang ini menggunakan teknologi 3D Printer untuk membuat sebuah organ manusia. Printer 3D dapat digunakan untuk membuat berbagai organ manusia agar nyawa mereka selamat dengan cara yang tidak dapat dilakukan dokter sebelumnya. 
  • Pencetakan 3D juga dapat mencetak suku cadang mobil yang rusak, seperti ventilasi kepala silinder, kenop roda gigi, dll. 
  • Kegunaan lainnya adalah untuk membuat alat-alat yang dibutuhkan oleh para astronot untuk terbang ke luar angkasa. Ini adalah pencapaian yang luar biasa, karena berkontribusi pada pengembangan semua aspek kehidupan seseorang. 
  • Printer 3D juga dapat digunakan untuk mencetak apa saja, seperti kertas, pakaian, dan komoditas lainnya. Ini termasuk media seperti gelas atau piring.

Tips dan Cara Memilih 3D Printer

Tips dan Cara Memilih 3D Printer Profesional. Sebagaimana kita ketahui bahwa sebuah printer 3D turut ikut serta dan berperan dalam kemajuan dan perkembangan teknologi. Sekarang bahkan printer 3D dapat digunakan.
 
Fakta membuktikan bahwa printer 3D ini sendiri juga bisa melakukan banyak hal. Jika ingin membelinya harus menyiapkan uang yang cukup besar, mengingat karena teknologi yang akan kalian gunakan jauh berbeda dengan printer pada umumnya. 

Anda harus menetapkan budget maksimal saat memilih printer 3D ini, jangan heran jika Anda memiliki printer 3D yang dijual dengan harga ratusan juta rupiah bahkan miliaran rupiah. Bukankah itu luar biasa? Harga printer bisa disesuaikan dengan kebutuhan printer.

Printer 3D yang memiliki persyaratan untuk industri, atau untuk penggunaan pribadi biasa, memiliki harga yang berbeda. Jika ini adalah printer 3D industri, tidak mungkin menggunakan printer rumahan berkapasitas kecil. 

Dalam dunia industri besar, printer 3D sering digunakan untuk mencetak berbagai pilihan pencetakan. Jadi Printer 3D ini membuat pekerjaan bisa dilakukan dengan efisien dan cepat, dan Anda juga bisa menghasilkan banyak uang hanya dengan melakukan satu pekerjaan. 

Pada zaman modernisasi ini, printer 3D sangat populer dan sangat diminati oleh manusia di seluruh dunia. Printer 3D ini pasti akan dicari oleh orang-orang di industri bidang percetakan tiga dimensi. Tentu saja, printer 3D lahir karena suatu alasan. 

Adapun kabar baiknya adalah bahwa teknologi Printer 3D ini banyak digunakan di berbagai bidang, seperti perawatan kesehatan, mobil, dan bahkan teknologi luar angkasa canggih. Luar biasa bukan?  Apakah anda mengetahui bahwa printer 3D bahkan mampu menyelamatkan nyawa seseorang?

Kriteria dalam Memilih 3D Printing

Jadi bagi Anda yang sedang mencari dan berkeinginan membuat karya 3 dimensi, maka gunakanlah elektronik 3D Printing ini.  Nah berikut beberapa tips untuk membantu Anda mendapatkan produk terbaik. 

Mengingat harga printer 3D ini sangat mahal, jangan sampai Anda salah memilih produk. Untuk menggunakannya dengan benar, pertama-tama tentukan perangkat lunak (software) 3D, lalu kemudian instal objek 3D yang akan kalian buat pada printer 3D tersebut. Ada berbagai jenis printer 3D di pasaran, yaitu kit printer 3D dan pre assembled 3D printer.

1. Bahan Material 

Umumnya bahan material yang paling umum digunakan adalah PLA dan ABS. Akan tetapi jangan sampai salah dalam memilih bahan materialnya karena memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Secara umum, printer 3D yang dapat mencetak PLA tidak dapat digunakan untuk pencetakan ABS. 

Kedua bahan ini disebut thermoplastic, yang melunak saat dipanaskan, mudah berubah bentuk, dan mengeras saat dingin. Kedua bahan ini lebih umum digunakan dalam aplikasi industri dan jauh lebih keras daripada bahan PLA.

2. Harga Printer 3D

Saat membandingkan harga dari printer 3D, Anda juga harus dan wajib membandingkan harga 3D Printer yang sudah tersedia di pasaran. Sebagaimana kita ketahui, harga dari printer 3D ini cukup sangat bervariasi. Harga biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor mulai dari merek, kemampuan cetak, negara asal, dan faktor lainnya. 

Ketersediaan di pasaran tidak menjamin kualitas printer. Silakan kalian bandingkan demi kepuasan Anda. Ada banyak merek printer 3D yang kalian dapat pilih, seperti merek yang menggunakan sistem flament untuk memperbaiki kartrid (cartridge) printer di lokasi yang aman. Jauh lebih mahal dari harga printer itu sendiri.

3. Kapasitas Cetakan 

Jumlah yang dapat dihasilkan setiap printer sangat berbeda-beda. Dimensi ini biasanya ditentukan oleh kapasitas milimeter. Jika semakin tinggi printability printer, maka semakin tinggi juga harga dari 3D printing. 

Pilihlah volume cetak yang pastinya sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Printer 3D pada umumnya kita dapat mencetak dengan ukuran hingga 305 mm x 305 mm x 457 mm.

4. Kualitas Hasil Cetakan

Ingatlah bahwa untuk memeriksa suatu kualitas dari cetakan Printer 3D. Maka secara otomatis, jika harga printer 3D tersebut cukup tinggi, tetapi kualitasnya sangat buruk atau rendah, maka perlu memikirkannya lagi mengapa membelinya? Pencetakan dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti kecepatan printer, bukaan nozzle di printer, dll.

Ada banyak jenis Printer 3D yang profesional akan tetapi tidak semuanya sesuai dengan selera kita. Namun, jika pilihan tidak memenuhi spesifikasi dan kebutuhan tersebut, bahkan printer 3D yang paling menuntut pun tidak berguna. Jadi Anda harus berhati-hati agar tidak salah memilih. 

5 Rekomendasi Printer 3D Profesional Terbaik 2021

3D Printer Profesional Terbaik 2021. Dalam suatu percetakan, printer 3d profesional terbaik dikenal sebagai sebuah manufaktur aditif yang mana merupakan sebuah proses dalam bentuk tiga dimensi serangkai dari sebuah file digital. 

Pada umumnya yang biasa digunakan oleh seorang desainer industri, arsitektur, penerbangan, bahkan oleh ilmuwan riset medis guna dalam pembuatan suatu model anatomi hingga proses pencetakan bio serta bentuk desain model molekuler. 

Nah bagi anda yang ingin membeli sebuah alat elektronik 3D Printer Profesional maka ada 5 rekomendasi 3D Printer yang kami anjurrkan sebagai berikut:

1. Monoprice Select Mini 3D Printer

Rekomendasi Printer 3D Profesional yang pertama adalah Monoprice Select Mini 3D Printer. Printer 3D salah satu printer terbaik yang mendukung semua jenis/type filamen dari ABS sampai PLA konduktif serta komposit kayu dan logam. 


Monoprice Select Mini 3D Printer

Monoprice Select Mini 3D Printer dilengkapi dengan filamen sampel dan beberapa model pra-instal untuk proses pengujian. Bahkan selain dari itu, printer 3D ini juga sangat kompetibel dengan semua produk Apple dan PC. Bagaimana anda tertarik?

Deskripsi

  • Factory Calibrated
  • Heated aluminum build plate nozzle cooling fan for printing all filament types
  • Quick-release steel gear filament feeder
  • Easy to use color LCD
  • 0.4mm extruder diameter
  • Complete kit with bed scraper, and MicroSD card with preloaded model files
  • Micro USB and MicroSD card connectivity
  • PC and Mac compatible
  • Compatible with Cura, Repetier, and other software

2. Printer 3D Qidi Technology X-ONE

Rekomendasi Printer 3D Profesional yang kedua adalah Printer 3D Qidi Technology X-ONE. 3D Printer ini terbuat dari logam tebal dan ganda yang tentunya tahan lama dan disupport oleh kerangka platform jenis aluminium. Printer 3D profesional terbaik ini menggunakan jenis filamen standar 1,75 mm. 


Printer 3D Qidi Technology X-ONE

Printer 3D ini juga kompetibel dengan jenis Windows maupun Apple OS, lalu pada pencetakan juga sudah tersedia melalui USB ataupun microSD. Printer 3D ini memiliki sebuah fitur layar sentuh (touch screen) 3,5 inci yang dapat memudahkan kita dalam pengoperasian perangkat lunak 3d printer tersebut.

Deskripsi

  • Print Technology : FDM (Fused Deposition Modeling)
  • Building Size : 140 x 140 x 140 mm
  • Layer Thickness : 100 ~ 500 microns
  • Weight : 19 kg (42 lbs)
  • Printing Material : PLA, ABS, PVA, TPU
  • Heated Bed : ✓ (110 Celsius)
  • Connectivity : USB Flash Drive or SD
  • User Interface : 3.5” color touch screen
  • Nozzle Diameter : 0.4mm
  • Voltage : 115V~230V
  • Power : 100W
  • Printer Machine Size : 380 x 320 x 360 mm

3. Printer 3D XYZprinting Da Vinci 1.0

Rekomendasi Printer 3D Profesional yang ketiga adalah Printer 3D XYZprinting Da Vinci 1.0. 3D Printer yang satu ini merupakan sebuah printer 3D yang sangat mudah untuk digunakan serta fitur plug-and-play yang memungkinkan dapat anda gunakan secara langsung dari boxnya cukup dengan memasang sebuah kartrid filamen. 

Printer 3D XYZprinting Da Vinci 1.0

Printer 3D ini juga mampu bekerja pada teknologi jenis Fused Filament Fabrication, dan menggunakan sebuah jenis bahan filamen plastik yang biasanya paling banyak kita gunakan. 

Printer 3D XYZprinting Da Vinci 1.0 desainnya yang tertutup secara sepenuhnya membuatnya terlihat sangat aman karena dapat melindungi pengguna dari suhu yang cukup tinggi.

Deskripsi

  • FFF (Fused Filament Fabrication)
  • Maximum Build Volume(WxDxH) 7.8 x 7.8 x 7.8 inch
  • Win 7 and above / Mac OSX 10.8 and abo
  • Build Volume 200 x 200 x 200 mm (7.8 x 7.8 x 7.8 in.)
  • Layer Resolution Low 400 micron (0.016 in.)
  • Layer Resolution High 100 micron (0.004 in.)
  • Nozzle Diameter 0.4 mm
  • Filament Diameter 1.75 mm
  • Print Speed Min. 50 mm/s
  • Print Speed Max. 150 mm/s

4. Dremel Idea Builder

Rekomendasi Printer 3D Profesional yang keempat adalah Dremel Idea Builder. 3D Printer ini merupakan salah satu printer terbaik dan profesional tahun ini. 

Printer 3D Dremel Idea Builder ini sangat memungkinkan kita dalam penyesuaian model/ bentuk 3D dan pada bagian terbaiknya yakni alat/softwatre ini menggunakan sebuah perangkat lunak onboard. 

Dremel Idea Builder

Sehingga kalian juga dapat menggunakannya dalam bentuk printer biasa atau sebagai printer mandiri. Kalian cukup saja masukkan memory card (kartu SD) dan silahkan gunakanlah panel touch screen untuk memilih dari file model tiga dimensi tersebut. 

Printer 3D profesional terbaik ini mampu bekerja dengan baik filamennya sendiri yang mana secara khususnya dapat direkayasa guna mengoptimalkan hasil pencetakan.

Deskripsi

  • Build Platform Area / Print Bed 9″ x 5.9″ x 5.5″
  • Print Speed 80-120mm/sec
  • Filament Types PLA Filament (Dremel brand)
  • Layer Resolution 100 microns
  • Extruder Single (1)
  • Print Head Nozzle Diameter 0.4mm
  • Open/Closed System Fully enclosed
  • Warranty 2 month
  • Our Score 8.1/10

5. FlashForge 3D Printer Creator Pro

Rekomendasi Printer 3D Profesional yang keempat adalah FlashForge 3D Printer Creator Pro.  Printer 3D ini merupakan salah satu printer 3D profesional dan terbaik saat ini.  3D Printer ini merupakan salah satu type atau jenis printer 3D yang open source dan merupakan sebuah penerapan dari suatu printer 3D berbingkai kayu asli. 

FlashForge 3D Printer Creator Pro

FlashForge 3D Printer Creator Pro memiliki sebuah desain yang kokoh dengan bentuk bingkai logam dan platform yang rakitan baru dan dirancang ulang guna memberikan sebuah gerakan vertikal. Lalu kemudian pada cetakan yang berkualitas lebih baik yang pastinya dapat menahan suhu yang tinggi.

Deskripsi

  1. Dual-Extruder (Bisa Dua Warna)
  2. Kerangka Besi
  3. Kontrol Layar LCD
  4. Print Technology : FDM
  5. Support Print Semua Material (ABS, PLA, PA, WOOD, PVA, Nylon,HIPS, TPE, PETG)
  6. Online / Offline (pakai memory card + LCD)
  7. Layer Resolution : 0.1 mm
  8. Layer Thickness : 0.1 - 0.5 mm
  9. Print Speed : up to 24 cc per hour
  10. AC Input : 240 V / 50-60 Hz / 350 W
  11. Certificate : RoHS/CE/FCC/ISO 9001
  12. Print Volume : 230 x 150 x 140 mm
  13. Software : Flashprint

Cara Merawat dan Membersihkan Printer 3D

Printer 3D adalah sebuah teknologi terkini di bidang percetakan dengan fitur-fitur yang cukup canggih. Biaya pembelian printer ini sebenarnya setara dengan hasil yang didapat. 

Namun jika kita tidak merawat printer 3D dengan benar maka akan menjadi percuma karena akan merusak printer dan membuatnya tidak bisa digunakan dalam waktu yang lama. 

Untuk itu, penting untuk memahami cara merawat peralatan ini (Printer 3D) agar dapat bertahan lama dan berfungsi dengan baik. Karena printer 3d ini sangat istimewa. 

Anda harus sangat berhati-hati, yang tentunya berbeda dengan printer pada umumnya. Untuk mencegah dan merawat 3D printer ini berikut kami sajikan beberapa langkah Cara Merawat dan Membersihkan Printer 3D dengan baik dan benar.

1. Membersihkan Nozzle Secara Berkala

Nozzle, adalah suatu saluran guna mengeluarkan sebuah material dari filamen yang seringkali tersumbat karena terhalang oleh material cair. Maka dengan itu, komponen tersebut harus dibersihkan hampir secara berkala agar terhindar dan tidak cepat rusak. 

Namun sebelumnya, panaskan nozzle hingga 150 °C. Kemudian gunakan bor kecil khusus untuk menghilangkan kotoran yang tersumbat pada nozzle.

2. Membersihkan Heatbed Setelah Mencetak

Saat mencetak dengan bahan ABS, pelat pemanas atau permukaan heatbed harus sering dibersihkan. Hal ini dikarenakan filamen sangat melekat erat pada alasnya, sehingga akan meninggalkan bekas filamen pada saat benda cetakan diangkat. 

Metode pembersihannya sangat sederhana, pertama-tama panaskan dasar heatbed hingga 35-40 oC. Kemudian semprotkanlah pembersih kaca di permukaan heatbed dan tinggal tunggu saja beberapa saat. Kemudian gunakan pisau atau spatula untuk menghilangkan sisa filamen.

3. Membersihkan Extruder Pasca Pencetakan

Setelah pencetakan, ketika objek jadi dikeluarkan dari dari bed, kotoran biasanya masih menempel pada komponen extruder hotend. Kotoran ini disebabkan oleh filamen yang terbakar dan bekas cetakan. 

Bersihkan ekstruder segera setelah setiap pencetakan. Caranya panaskan extruder sampai habis dan suhu mencapai sekitar 120-150 °C, kemudian keluarkan extruder dari press dan bersihkan sisa kotoran dengan pinset.

4. Rutin Memperbarui Firmware

Firmware printer 3D Anda perlu diperbarui secara berkala untuk mendapatkan hasil pencetakan yang lebih baik dan menggunakan model terbaru. Pembaruan firmware ini biasanya diinstal secara otomatis dengan printer di pabrik. 

Untuk memperbaruinya, kunjungi situs web resmi pabrikan printer Anda. Dan temukan pembaruan terbaru, lalu klik Perbarui. Namun, ketika perangkat terhubung ke Wi-Fi, firmware biasanya diinstal secara otomatis dari cloud.

5. Gunakan Jenis Filamen yang Sesuai

Umumnya setiap jenis printer hanya dapat menggunakan filamen tertentu untuk mencetak. Misalnya, printer FDM hanya didesain untuk mencetak pada bahan plastik, jika digunakan untuk mencetak pada bahan kayu atau logam akan rusak. Ikuti petunjuk produsen tentang jenis filamen yang direkomendasikan untuk printer Anda.

Terakhir, sebelum memasukkan gulungan filamen ke dalam printer 3D, periksa gulungan filamen. Caranya adalah dengan membuka gulungan sedikit untuk melihat apakah ada kerutan atau simpul. 

Hal ini untuk menghindari printer macet saat mencetak. Untuk menghindari kerusakan serius, jauhkan printer dari debu, air, atau area lembab secara teratur, karena ini akan menimbulkan korosi pada peralatan.

Sekian artikel tentang 5 Rekomendasi Printer 3D Profesional Terbaik 2021, semoga bermanfaat untuk kalian semua. Terimkasih sudah berkunjung di blog BangNagol

ARTIKEL LAINNYA