Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib di Coba!!! 11 Ide Bisnis dari 3D Printing Sangat Menguntungkan!!

Ide bisnis dari 3D printer. Di artikel ini saya akan coba membahas peluang ide bisnis (usaha) terbaik yang masih memiliki pesaing rendah.  Ide peluang Usaha dan bisnis yang cukup mudah hanya dengan memiliki dan memanfaatkan mesin Printer 3D. 

Mengapa 3D Printing? Sebab, 3D printer ini memiliki banyak manfaat dan peluang usaha yang meyakinkan. Dengan mesin printer 3d ini kita bisa mendapatkan uang dari hasil usaha kita yaitu dengan mencetak benda-benda atau prototipe yang kemudian di jual dipasaran.

Ide Bisnis 3D Printer Bidang Jualan Barang 3 Dimensi Daftar Kumpulan Ide Bisnis 3D Printing Ide Bisnis 3D Printer Bidang Jasa

Daftar Kumpulan Ide Bisnis 3D Printing 


Trend bisnis printer 3D mulai naik kapabilitasnya dan banyak digunakan oleh kebanyakan orang di penjuru dunia. Mempunyai sebuah mesin printer 3d yang dapat cetak produk atau mode 3D akan memberi begitu banyak keuntungan. Itulah mengapa produk ini semakin berkembang dan disukai oleh banyak sejumlah perusahaan atau pribadi.
Mempunyai print 3D memang memberikan banyak kegunaan. Tetapi, jika mempunyai keinginan untuk kepentingan hoby saja pasti akan rugi. Apa lagi harga dari mesin printer 3D ini tidak murah. Ditambah lagi jikalau yang ukuran besar sekali. Karena itu Anda harus dapat manfaatkan mesin 3D ini secara baik.

Dengan kehadiran mesin Printer 3D untuk Usaha ini, kita dapat mewujudkan dan mengekspresikan karya kita secara nyata. 3D Printer memberikan peluang usaha dalam membuat berbagai karakter 3 dimensi, mencetak berbagai prototipe, bahkan peralatan rumah tangga.

Ide Bisnis 3D Printer Bidang Jasa

Mungkin ada yang kebingungan apa saja peluang bisnis di Printer 3D ini? Seandainya sudah memiliki mesin 3d printer ini, harus bagaimana selanjutnya? Nah, berikut kami rangkum beberapa ide peluang bisnis/usaha dengan memanfaatkan 3d printing sebagai berikut:

Ide Bisnis 3D Printer Bidang Jualan Barang 3 Dimensi Daftar Kumpulan Ide Bisnis 3D Printing Ide Bisnis 3D Printer Bidang Jasa

1. Jual Jasa 3D Printing


Ide bisnis 3d printing yang pertama adalah dengan menjual jasa. Kebutuhan perusahaan atau usaha mikro akan desain 3 dimensi untuk saat ini cukup banyak. Kalian bisa memanfaatkan hal tersebut dengan cara menjual jasa desain 3 dimensi.  

Maknanya bahwa semua orang dapat memakai jasa ini tanpa batas. Anda dapat membuka jasa lewat cara online atau off-line. Untuk jasa online calon konsumen diharap untuk mengirimi design sesuai pedoman.


Buka jasa 3D  Printing ini akan memberikan cukup banyak keuntungan. Keuntungan yang didapat ini dapat dipakai untuk menutup sejumlah cost yang penting seperti listrik yang besar dan filament yang peluang jarang-jarang ada, Oleh karenanya tetapkan harga yang lumrah dan pastinya masih tetap bisa memperoleh keuntungan.

Oh iya, jasa bikin model 3D masih sedikit lho yang ada di sejumlah kota Indonesia. Makanya kalian wajib melakukan promosi yang pas dan tepat. Disamping itu satukan jasa print 3D ini dengan printer lain supaya semakin banyak dikenali. Promosi dapat dilaksanakan lewat cara online ataupun secara off-line.

2. Jalin Kerjasama dengan Perusahaan

Selain ide bisnis 3d printing membuka jasa secara online atau offline, kalian juga bisa membuka jasa dengan bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan. Dengan Kerja-sama ini akan hasilkan cukup banyak keuntungan karena Anda terus memperoleh order atau pesanan.

Karena kerja-sama dengan pemilik usaha atau perusahaan tidak gampang dilaksanakan, Anda wajib melakukan pertemuan (meeting), berikan demo yang sudah anda buat sebaik mungkin, jikalau perusahaan tersebut sepakat untuk lakukan kerja-sama, Anda akan memperoleh keuntungan besar secara cepat.

Usaha atau ide bisnis ini kemungkinan susah dilaksanakan jika tidak terkelola dengan professional. Oleh karenanya Anda jangan ceroboh dalam menawarkan sebuah produk ke perusahaan besar. Buatlah sebuah ide yang matang supaya proses pendekatan berjalan secara baik dan pada akhirnya memperoleh kerja-sama yang memberikan keuntungan bagi anda sendiri.

3. Jasa Membuat Prototipe


Ide bisnis lainnya adalah dengan cara menjual Jasa pembuatan Prototipe. Karena Prototipe ini cukup banyak peminatnya baik itu dari perusahaan maupun dari institusi pemerintahan. Printer 3D dapat mencetak softcopy menjadi bentuk 3 dimensi.  Contoh bekerja bersama dengan perusahaan yang beroperasi di sektor konstruksi dan arsitektur.

Perusahaan yang lain kemungkinan memerlukan ialah perusahaan di bagian interior dan exterior. Dengan prototipe yang dibuat dapat kelihatan secara jelas seperti apakah produk yang dibuat dengan rasio tertentu. Dari mode ini akan kelihatan kekurangan dan kelebihan dari produk yang diperkembangkan.

Usaha ini lumayan menjanjikan ingat tidak seluruhnya perusahaan atau jasa konstruksi dan interior mempunyai mesin 3D. Dibanding habiskan uang untuk beli mesin yang tidak digunakan tiap hari, mereka lebih memutuskan untuk sewa print 3D untuk hasilkan mode atau prototipe produknya.

4. Jasa Pelatihan/Kursus Printer 3D

Ide Bisnis seterusnya yang dapat anda laksanakan dengan mesin printer 3D ialah pelatihan operasionalisasinya. Mesin printer tipe ini supaya tidak sama dengan tipe printer cetak lain. Operasionalisasinya memerlukan ketrampilan khusus dan tidak seluruhnya orang dapat melakukan tanpa diajari atau ikut pelatihan.

Terdapat banyak lingkup materi dari printer 3D yang perlu dimengerti. Pertama dari perangkat lunak yang dipakai untuk buka design. Seterusnya mengimplementasikan design yang jadi dengan aplikasi/software yang terhubung ke mesin. Filament dan penempatannya juga penting dan jangan diabaikan.

Anda dapat buka jasa pelatihan untuk menjalankan mesin bikin 3D dengan materi tertentu. Seterusnya ada praktek langsung pembuatan mode 3D dengan memakai mesin dan didesain sendiri oleh anda. Anda dapat memberinya sertifikat sah dengan bekerja bersama dengan instansi diklat setempat.

5. Jasa Pembuatan Kostum

Ide bisnis selanjutnya yang dapat dilaksanakan dengan manfaatkan mesin printer 3D ialah membuat barang kustom. Contoh membuat seperti cincin dengan pola tertentu atau barang yang lain diminta oleh calon konsumen. Proses pengerjaan barang kustom ini dapat dikerjakan dengan pembuatan design awalnya lalu lakukan pencetakan kostum.

Anda dapat tentukan sasaran pasar untuk kelompok tertentu seperti anak muda yang ingin mempunyai aksesories unik dan tidak diketemukan di mana saja. Ataupun yang biasa tren saat ini kado yang berbentuk 3 dimensi.

Disamping produk kustom yang memerlukan pembuatan khusus, Anda bisa juga membuat produk dengan design sendiri. Seterusnya produk dipasarkan sendiri sebagai edisi khusus dan cuman dicetak sebanyak keperluan saja. Biasanya barang terbatas yang unik selalu disukai banyak orang-orang.

Ide Bisnis 3D Printer Bidang Jualan Barang 3 Dimensi

Dari kelima ide peluang usaha atau bisnis diatas, berikut kami rekomendasi kepada kalian beberapa ide bisnis yang cukup berpeluang hanya dengan menjual barang cetakan anda kepada konsumen. Berikut daftar Ide Bisnis dari 3D Printer yang laku keras saat ini.

Ide Bisnis 3D Printer Bidang Jualan Barang 3 Dimensi Daftar Kumpulan Ide Bisnis 3D Printing Ide Bisnis 3D Printer Bidang Jasa

1. Berjualan Mainan Anak

Ide bisnis yang pertama adalah dengan berjualan mainan anak-anak. Kalian bisa membuat sebuah benda 3D misalnya robot atau mainan yang cocok untuk anak-anak. Usaha atau bisnis jualan mainan anak-anak tak pernah terkekang oleh jaman, dan mainan anak-anak tidak ada batasan untuk mencetak dan menjualnya.

Ini menjadi kesempatan bagus untuk Anda yang ingin mempunyai usaha mainan anak-anak, tidak membutuhkan modal banyak karena cukup dari 3D Printer, dan mode mainan dapat Anda samakan mana yang sedang viral. Contohnya saja dengan membuat mainan miniatur rumah-rumahan, robot dan lainnya.

2. Berjualan Action figur

Ide bisnis atau usaha lainnya adalah dengan berjualan action figur dari 3D printer Mainan action figur seperti super hero, tipe mainan yang ini prospeknya bagus sekali, karena pecinta mainan ini bukanlah anak-anak saja tetapi remaja sampai orang dewasa.
Sudah pasti 3D printer mampu membuat ini, sesudah diciptakan tinggal Anda poles dengan warna yang sesuai karakter figur tersebut. Produk ini benar-benar laris keras di pasaran.  Anda dapat coba sendiri.

3. Berjualan Miniatur 

Selanjutnya ide bisnis yang populer saat ini adalah berjualan miniatur 3d dimensi. Contohnya saja, saat orang sedang ulang tahun, wisuda biasanya orang mencari kado dalam bentuk 3 dimensi yakni orang tersebut dibuat dalam bentuk objek 3D.

Nah, bisnis yang satu ini sangat memberikan peluang kepada kita yang memiliki 3d printer karena dengan kecanggihan 3d printing cukup mudah untuk mencetaknya. Anda bisa menjual secara online dan offline.

4. Jual Aksesori Dekor Rumah

Selanjutnya ide bisnis lainnya yakni dengan berjualan peralatan dekor rumah dari 3D printer Hampir semua orang tentu inginkan rumah cukup berwarna, entahlah itu ditambahkann aksesori dekor rumah, seperti photo, kalimat motivasi dan banyak.

Siapa kira 3D printer ini dapat membuat aksesori dekor rumah, terang saja dapat. Pasti perlu kreasi dari kita, bila kita inovatif dan responsif dengan yang sedang viral tentu kita melirik segi kesempatan usahanya.

Usaha berjualan aksesori dekor rumah sudah pasti layak dapat kita coba, pasalnya di masa kini yang di mana orang diwajibkan bekerja di dalam rumah. Cocok sekali kan. Segara manfaatkan bisnis aksesori dekor rumah yang dapat dibuat dengan 3D printer.

5. Jualan Pot Bunga

Selanjutnya ide bisnis lainnya yakni dengan pot bunga dari 3D Printer. Di masa saat ini, banyak ide-ide bisnis/usaha rumahan muncul, begitupun usaha rumahan yang telah lama dibuat juga mencoba bereksperimen untuk dapat bertahan di dalam masa kini ini.

Mengapa harus memilih berjualan pot bunga? Di masa kini banyak orang yang beraktivitas di dalam rumah, jadi mereka lari ke hoby yang dapat dilaksanakan di dalam rumah, yakni bercocok tanam. Bila Anda bisa ber-inovasi berjualan pot bunga ini tentu banyak pecinta dengan pot bikinan Anda.

6. Usaha Jual Casing HP

Terakhir yakni Usaha jual casing HP dari 3D printer. Usaha/Bisnis casing HP makin disukai oleh anak muda, apa lagi produk kustom akan memberinya nilai terbatas tertentu untuk pemiliknya. Usaha membuat casing juga memberinya hasil yang cukup banyak.

Sekarang ini casing tidak cuma dipakai sebagai perlindungan smartphone supaya terbebas dari debu, kotoran dan guratan, tetapi memberinya kesan-kesan menarik bahkan juga dapat mendukung style.
Anak muda yang inovatif dan sukai berekspresif, tentu inginkan casing yang lain sama yang telah berada di pasaran, dan condong pilih kustom supaya sesuai style mereka. Ini menjadi kesempatan bisni untuk kita karena ada 3D printer ini dapat membuat produk kustom.

Penutup

Saat sebelum ingin membuka usaha dengan manfaatkan mesin printer 3D ini, sebaiknya kalian melakukan penelitian pasar secara baik. Jangan sampai 3D Printer yang harganya mahal menjadi tidak bermanfaat dan menghasilkan uang.

Demikian beberapa bisnis printer 3d yang dapat Anda manfaatkan jika kalian mempunyai sebuah mesin printer 3D. Dari beberapa peluang usaha printer 3d di atas Anda dapat meningkatkan kembali yang lebih detil dan mempunyai sasaran pasar yang tepat sekali.

Semoga Artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Jangan Lupa Berdoa. Terima kasih.

ARTIKEL LAINNYA