Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Printer 3D : Pengertian, Manfaat, Cara Penerapannya, Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian 3D Printer. Artikel kali ini adalah yang membahas tentang defenisi atau pengertian 3D Printer atau Printer 3D, manfaat, fungsi dan kegunaannya, kelebihan dan kekurangan serta produk 3D Printing yang sudah dihasilkan. Mungkin banyak yang belum tahu Apa itu printer 3D? Nah untuk menjawab pertanyaan diatas, maka admin dengan senang hati menuliskan artikel ini.

3D Printer

Printer 3D : Pengertian, Manfaat dan Cara Penerapannya serta Kelebihan dan Kekurangan. Adapun beberapa pertanyaan yang seringkali dipertanyakan masalh 3D Printer atau Printer 3D ini antara lain sebagai berikut:

Printer 3D  Pengertian Manfaat Cara Penerapannya Kelebihan dan Kekurangan

  1. Apa itu printer 3D?
  2. Apa fungsi dan kegunaan/manfaat 3D Printer?
  3. Bagaimana Cara Kerja 3D Printing jelaskan?
  4. Apa saja produk 3D printing tersebut?
  5. Jelaskan Kelebihan dan Kekurangan Printer 3D?

Pengertian 3D Printer 

Pengertian Teknologi 3D Printing. Apa yang dimaksud dengan 3D Printing? Pengertian dari Printer 3D atau 3D Printer adalah bagian dari sekian banyak dari manufaktur aditif. 

Mesin printer 3D merupakan sebuah alat dalam membuat sebuah objek 3 (tiga) dimensi yang berasal dari file digital. Dalam menciptakan suatu objek cetak tiga dimensi (3D) dapat tercapai dengan cara menggunakan sebuah proses aditif. Baca Juga 5 Rekomendasi Printer 3D Profesional Terbaik 2021

Dalam proses membuat aditif, suatu objek dapat dibuat, caranya dengan menempatkan lapisan tipis secara berurutan hingga objek terbentuk sesuai dengan bentuk yang kalian inginkan. 

Masing - masing lapisan ini dapat dilihat sebagai silang horizontal yang diiris tipis tipis dari objek yang pada akhirnya membentuk objek 3 dimensi. 

Fungsi dan Kegunaan/Manfaat 3D Printer

Hampir setiap tahun, jumlah orang yang menggunakan teknologi 3D printing terus meningkat. Memang, selain banyak inisiatif ingin mengenal Printer 3D ini yang diterapkan untuk pencetakan 3D. 

Banyak pula yang mulai menyadari manfaat dari teknologi ini dan sedang mempertimbangkan untuk mengganti manufaktur subtraktif tradisional dengan teknologi pencetakan 3D. 

Teknologi pencetakan 3D dapat menawarkan banyak manfaat untuk kebutuhan pribadi dan bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari teknologi pencetakan 3D:

1. Proses Produksi Lebih Cepat

Hal yang sama berlaku ketika membandingkan kecepatan mobil dengan sepeda yang dikemudikan manusia. Keduanya tentu memiliki tujuan yang sama, tetapi perlu diingat bahwa, menggunakan mobil jauh lebih cepat daripada mengendarai sepeda. 

Demikian juga dalam pencetakan 3D, dari prototipe hingga produk akhir, pencetakan 3D dapat mempercepat pengujian konsep dan desain. Dalam beberapa jam saja, manusia dapat membuat prototipe produk 3D yang pastinya memenuhi kebutuhan pasar.

2. Jasa

Seiring dengan pertumbuhan pasar teknologi pencetakan 3D, semakin banyak orang yang ingin mempelajari cara menggunakannya. Hal ini membuat semakin banyak orang yang aktif mengedukasi dan membuat video edukasi tentang sosialisasi 3D printing.

3. Efektivitas Waktu dan Budget

Biasanya, sebelum produk ditempatkan di pasar, prototipe produk dibangun dan diuji kelayakannya sebelum memasuki proses produksi. Biaya tenaga kerja memainkan peran penting dalam menentukan biaya pembuatan prototipe suatu produk. 

Metode konvensional (tradisional) tentunya membutuhkan operator dan teknisi mesin yang berpengalaman untuk mengelola produksi. Namun, jika itu adalah cetak 3D, biaya proses pemeriksaan produk dapat diminimalkan karena printer 3D tidak memakan waktu.

4. Kreativitas

Jika anda orang yang kreativitasnya tinggi dalam hal produk tiga dimensi, melalui 3D Printer kamu dapat mengexpresikan karya anda dengan sepuasnya tanpa batas. Kalian juga dapat menerima jasa pembuatan 3D sesuai pesanan konsumen anda. Teknologi 3D Printer memberikan dan memungkinkan kalian dalam berinovasi untuk kreatif dalam bidang 3 dimensi.

5. Ramah Lingkungan

Printer 3D hanya memerlukan dan menggunakan bahan yang sesuai dan dibutuhkan untuk membuat sebuah cetakan 3D. Selain itu, bahan yang tidak lagi digunakan untuk pencetakan 3D dapat didaur ulang. Dengan cara ini, Printer 3D tentunya ramah lingkungan dan menghemat banyak uang untuk individu dan bisnis tertentu.

6. Sumber Penghasilan

Selain kelima manfaat diatas, hal penting lain yang menjadi Fungsi dan Kegunaan/Manfaat 3D Printer ini adalah kalian dapat menghasilkan uang dalam jumlah banyak. Teknologi Printer 3D ini potensial sekali untuk mengubah dan mempengaruhi setiap industri, serta dapat merubah cara kita bekerja dan hidup di masa depan.

Proses Cara Kerja 3D Printing

Bagaimanakah Proses Cara Kerja 3D Printing dengan Menggunakan 3D Printer? Pencetakan (Printing) 3D merupakan kebalikan dari manufaktur subtraktif yang dapat kita temukan pada sebuah mesin CNC dan mesin bubut guna memotong  atau membentuk logam menjadi bentuk yang kita inginkan. 

Printer 3D ini memungkinkan kita dalam pembuatan bentuk 3D secara kompleks dengan bahan yang lebih sedikit daripada metode manufaktur konvensional (tradisional) yang sudah admin jelaskan di atas.

Dalam Proses 3D printing kita dapat memulainya dengan model 3D. Kita juga bisa membuatnya sendiri ataupun kalau tidak mau repot tinggal unduh saja di internet. Namun Jika ingin membuatnya sendiri, maka wajib menggunakan beberapa software misalnya scanner 3D, apalikasi atau software desain 3D.

5 Rekomendasi Printer 3D Terbaik Harga Terjangkau Murah dan Berkualitas

Lalu apa saja software yang harus kita gunakan untuk 3D Printing? Adapun Software yang digunakan untuk 3D printing ialah sebagai berikut: 

1. Scanner 3D

Software Scanner 3D menggunakan berbagai macam teknologi yang berbeda jenis untuk mendapatkan dan menghasilkan sebuah model 3D yang terbaik. Adapun Perusahaan seperti misalnya Microsoft dan bahkan Google sendiri membuat sebuah hardware yang dapat melakukan scanning 3D, misalnya saja Kinect dari Microsoft.

2. Software 3D Modeling

Software 3D Modeling tentunya juga memiliki berbagai macam bentuk. Ada yang software kelas khusus industri dengan biaya lisensi sampai ribuan dolar per tahun, akan tetapi ada juga sebuah software open source yang dapat digunakan secara gratis, misalnya saja Software Blender, dll. 

Jika Anda mungkin masih seorang pemula dan merasa bingung dengan ada banyaknya pilihan Model 3D Software yang ada, maka admin sarankan untuk memulainya dengan menggunakan Tinkercad. 

Tinkercad ini memiliki versi gratis dan bahkan dapat bekerja di browser yang pastinya mendukung WebGL, misalnya saja Google Chrome. Jikalau Anda memang sudah memiliki bentuk model 3D, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkannya semunya untuk dicetak menjadi tiga dimensi (3D).

Proses Kerja Printer 3D

Cara Kerja Printer 3D dan 3D Printing. Sebelum objek 3D di print maka perlu kalian siapkan model 3D-nya.  Proses seperti ini disebut sebagai Slicing. Pada umumnya model 3D untuk proses slicing dapat menggunakan sebuah aplikasi perangkat lunak model 3D Modeling yang dapat kalian gunakan. Selain itu juga dapat menggunakan slicing tool khusus printer 3D. 

Setelah model 3D sudah selesai di-slicing, maka file dapat dicetak pada printer 3D. Tergantung pada merek dan jenis printer 3D yang Anda gunakan, Anda juga dapat melakukannya melalui USB, SD, atau WiFi. 

Setelah selesai, file diunggah ke printer 3D dan printer 3D siap untuk mencetak objek lapis demi lapis. Printer 3D ini dapat membaca irisan/layer (gambar 2D) dan membuat objek tiga dimensi (3D).

Saat model 3D sudah siap di-slicing, maka file tersebut siap untuk di printing dan dapat melalui sebuah USB, SD Card, ataupun Wi-Fi. Ketika file telah di-upload di printer 3D. Baca Juga 5 Rekomendasi Printer 3D Berkualitas Terbaik di Indonesia

Selanjutnya objek tersebut siap untuk dicetak secara berlapis-lapis dengan printer 3D. Printer 3D otomatis akan membaca semua slice/lapis (gambar 2D) yang kemudian akan menciptakan objek 3D.

Bidang Apa Saja Printer 3D Bisa Digunakan?

Produk 3D Printing. Bidang Apa Saja Printer 3D Bisa Digunakan? Sebagaimana kita ketahui bahwa teknologi saat ini terus mengalami suatu perkembangan yang cukup pesat. 

Tak terkecuali inovasi dalam dunia percetakan (Printer 3D) ikut muncul dan berkembang. Alat ini (Printer 3D) ini memungkinkan mencetak sebuah file digital yang dapat menjadi benda nyata dengan cara pembentukan lapis demi lapis dari bahan filamen yang khusus.

Beberapa tahun yang lalu, Printer 3D tidak terlalu dikenal dan diminati oleh masyarakat luas. Saat ini, teknologi printing 3D banyak digunakan di berbagai macam bidang. 

Tujuan dari alat ini adalah untuk membuat prototipe yang lebih realistis untuk suatu produk selama pengembangan. Baca Juga 5 Rekomendasi Printer 3D Murah, Terbaik Harga Mulai 1 Jutaan

Bahkan ada banyak yang menjadikan Produk Printer 3D ini menjadi sebuah manufaktur (mesin produksi). lalu Bidang apa saja printer 3D bisa digunakan? dan bagaimana Penerapan Mesin Cetak 3D dalam Berbagai Bidang? Berikut ulasannya:

7 Bidang Printer 3D yang dapat di Manfaatkan

1. Konstruksi dan Manufaktur

Pada lingkungan manufaktur, sebuah alat 3d printer amat berarti guna mencetak sejumlah komponen bangunan/kontruksi. Pengujian sempat dilaksanakan oleh pendesain dari industri negara modern untuk memproduksi sebuah meja, bangku, malahan menciptakan sebuah paviliun. 

3d Printer benar-benar belum seutuhnya sebagai alternatif di dalam proses bangunan atau konstruksi, akan tetapi dampak percobaan tersebut dapat dijadikan sebagai patokan atau tolak ukur untuk menjadi sebuah bagian tak terpisahkan manfaatnya untuk konstruksi. 

Selain dari itu juga, teknologi 3D Printer ini pula benar-benar sangat mendukung aktivitas arsitek lantaran dapat mempermudah proses produksi miniatur rancangan sketsa (desain) mereka. 

2. Kesehatan

aplikasi 3d printing pada lingkungan medis (kesehatan) termasuk cukup berguna dan relevan. mesin Printer 3D ini difungsikan guna memproduksi organ yang bersumber dari organ/sel orang sakit (pasien) sehingga di masa depan amat bisa jadi orang sakit tak membutuhkan pemberi sel/organ lagi. Sungguh luar biasa bukan?

keuntungan lainnya yang didapat dari 3D Printer ini adalah alat ini dapat buat menciptakan kaki ataupun lengan manusia mesin (dalam bentuk robot). perubahan ini bermanfaat untuk pasien yang ada kesulitan indra gerak. 

Andaikan tak mempunyai jemari penunjang ataupun kehilangan tangan, kaki maupun lengan yang diciptakan/diproduksi dengan alat pencetakan 3d tentu didesain olehd dan pastinya sesuai dengan keperluan orang sakit.

3. Seni

Aplikasi pencetakan 3d printer di lingkungan ruang seni adalah untuk menciptakan sekaligus mencetak sebuah karya seni yang sangat menarik semisal ornamen tembok ataupun arca. alat ini pun dapat dimanfaatkan guna mencetak sebuah mainan anak-anak. 

Penerapan yang amat dominan ialah fungsi 3d printer di dalam lingkungan seni (teater). Cukup banyak film yang membutuhkan objek abnormal lantaran filmnya bergenre fiksi yang sarat khayalan. sehingga benda yang enggak ada di dunia jelas bakal diciptakan seorang diri menggunakan alat ini.

4. Otomotif

Kemudian adalah pemanfaatan teknologi 3d printing di pada otomotif. lazimnya perangkat  printer 3d ini dipakai guna menghasilkan spare-part alat transportasi. seumpama industri general motor yang sudah pernah memanfaatkan alat 3d printer buat melahirkan prototype bagian chevrolet malibu 2014. 

Ford Motor Company saja memanfaatkan alat ini guna melahirkan prototype vent, rem mesin motor, serta cylinder head.

Selain itu juga spare-part, jim kor dan lainnya tidak main-main melahirkan alat transportasi yang nyaris kelengkapan body-nya dibuat melalui mesin printer 3d. alat transportasi tersebut dinamakan dengan urbee 2 serta kini tengah dalam fase produksi.

5. Fashion

Industri bidang fashion juga tidak ketinggalan di dalam memakai perkembangan teknologi printer 3d ini. perancang pakaian fesyen dapat memanfaatkan 3d printer guna mengelola spesifikasi produknya biar sinkron dengan keperluan konsumen serta aspirasinya. Kemudian pakaian fesyen, pembuatan aksesoris beserta riasan pun tak kurang yang memanfaatkan mesin printer 3D ini dalam memproduksinya.

6. Pendidikan

Pada lingkungan pendidikan, 3d printer dimanfaatkan dan digunakan sebagai alat untuk memproduksi mesin peraga pembelajaran. seumpama demi memproduksi. Misalnya desain molekul ataupun senyawa kimia lain pastinya kian mudah seandainya ada sebuah benda/objek nyatanya ketimbang sekadar menyaksikan di sketsa sehingga murid bisa merabanya secara langsung. 

Lanjut mata pelajaran biologi, pengajar membutuhkan peraga berbentuk batok kepala ataupun organ/sel biar bertambah gampang menyampaikan deskripsi jelas ke anak didik.

7. Peralatan Astronot

industri sebesar nasa tampaknya menggunakan teknologi 3d printer ini juga buat memproduksi injektor alat roketnya. Alhasil telah lolos dalam percobaan lantaran injektor cetakan 3d printer ini benar bisa menciptakan dorongan 10 kali bertambah besar jika dibanding dengan injektor sebelumnya.

Kabarnya sekarang ini malahan nasa berkeinginan buat menyuplai mesin 3d printer guna astronot di luar angkasa demi usaha memproduksi pabrik kecil di international space station. Dengan seperti itu, pastinya astronot tak bakal gampang kekurangan perlengkapan sebab mereka dapat mencetaknya sendiri lewat 3d printer. 

Nah itu dia 7 Bidang Printer 3D yang dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh manusia. Tentunya semakin canggihnya teknologi ini akan bertambah pula bidang-bidang yang di gunakan.

Kelebihan dan Kekurang Printer 3D

3D Printer semulanya semenjak diaplikasikan pada pabrik permainan serta pabrik artistik guna memproduksi miniatur ataupun prototype barang. mesin ini pun menjadi sebuah alat pembelajaran mengasyikkan buat murid-murid lantaran bakal menaikkan kompetensi fantasinya. Baca Juga 10 Rekomendasi Pilihan Printer 3D Terbaik

Di dalam jenjang yang tinggi lewat ukuran yang cukup kian membesar, Printer 3D memilki peran aktif dan berpengaruh di sebuah pabrik/perusahaan kapital di berbagai aspek semacam aspek medis, manufaktur, otomotif, seni, sampai penerbangan.

Kendatipun manfaatnya cukup lumayan tinggi, 3d printer memerankan dan menjadi sebuah mesin teknologi canggih yang sepantasnya pastilah memiliki kelebihan dan kekurangan khusus. 

Maka perlu dan penting menguasai kelebihan dan kekurangan mesin 3d printer ini sebagai data pembandingan sebelum berhasrat memiliki 3d printer tersebut.

Kelebihan Printer 3D

Berikut ini 3 Kelebihan atau keunggulan 3d printing antara lain:

1. Efektifitas Waktu

Time is Money. Soal efektifitas waktu merupakan sesuatu yang sangat bernilai dan wajib di terapkan pada terknologi Printer 3D. Dalam proses pencetakan objek dan materialnya menggunakan waktu sekita 1 menit saja. Tentunya dengan kelebihan yang dimiliki oleh Priter 3D ini akan memberikan keuntungan bagi kita dalam dunia usaha cetak 3 dimensi.

2. Hasil Akurat

Kemudia keunggulan lain yang dimiliki oleh Printer 3D ini adalah tingkat akurasi yang sangat tinggi. Dimana desain digital yang telah dirancang memiliki bentuk dan tampilan yang persis tanpa berubah sedikit pun. Artinya bahwa hampir sempurna hasil yang akan dicetak oleh Printer 3D ini.

3. Jumlah Produk

Dengan efektifitas waktu yang hasil yang akurat oleh Printer 3D ini, tentunya memberikan manfaat yang besar untuk memproduksi berbagai macam bentuk 3D dalam waktu yang singkat serta memberikan hasil yang maksimal. Printer 3D dapat membantu mencetak objek 3D dalam jumlah produk yang banyak. Alhasil akan memberikan income kepada kita.

Kelemahan Printer 3D

Berikut ini 3 Kelemahan atau kekurangan 3d printing antara lain:

1. Kurang Praktis

Walaupun Printer 3D ini telah dilengkapi dengan teknologi canggih, akan tetapi juga memiliki kelemahan yakni kurang praktis. Kekurangan atau kelemahan 3D Printer ini hanya mampu mencetak sebuah objek 3D dengan satu material saja. Ini akan membuat pengguna ribet jikalau banyak material yang harus di cetak dalam waktu bersamaan. Alhasil membutuhkan banyak Printer 3D.

2. Meningkatkan Pembajakan

3D Printer ini juga terkadang disalahgunakan oleh oknum dalam mendesain ulang ciptaan orang. Yang mengakibatkan meningkatnya bajakan karya orang lain. Tentunya ini sangat merugikan sang pemilik desain tersebut dengan hasil karyanya di bajak. Banyak produsen tidak mau sibuk untuk mendesain, namun lebih ke duplikat hasil desain orang lain.

3. Merebut Pekerjaan Manusia

Semakin canggihnya teknologi Printer 3D ini semakin membuat Sumber Daya Manusia tidak di manfaatkan lagi. Produksi yang serba otomatis membuat banyak orang susah mendapatkan pekerjaan khususnya pencetakan 3 Dimensi. Ini membuat banyak manusia yang memiliki kompetensi di bidang 3D kehilangan kesempatan untuk berkarya.

Dari uraian penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan/kelemahan 3D Printer yang mana merupakan sebuah teknologi canggih tentunya memberikan manfaat dan kerugian bagi manusia. 

Disisi kelebihan, printer 3d membantu proses pekerjaan lebih cepat, namun disisi kelemahan banyak orang tidak berkesempatan untuk berkarya secara manual. Harapan agar 3D Printer ini perlu pembatasan agar tidak sembarang orang menggunakannya.

Nah, sekian dulu artikel tentang Printer 3D : Pengertian, Manfaat, Cara Penerapannya, Kelebihan dan Kekurangan yang dapat mimin tulis, semoga artikel 3D Printer ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Jangan Lupa baca juga artikel Rekomendasi 5 Printer 3D yang Cocok untuk Pemula dan Anak-Anak. Artikel situs BangNagol.eu.org

ARTIKEL LAINNYA