Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Rekomendasi Software Desain 3D Printing Terbaik

Software 3D Printer. Dalam beberapa tahun terakhir ini, 3D printer design software telah membanjiri pasar dengan berbagai fitur-fitur yang sangat inovatif. Dalam merancang dan mencetak sebuah desain 3 dimensi tentunya cukup rumit. 

Jika tidak dibantu dengan  3D modeling software yang canggih sebab untuk membuat model realistis, meningkatkan efisiensi desain, dan mempercepat produksi banyak produk dibutuhkan sebuah aplikasi. Baca Juga 11 Ide Bisnis dari 3D Printing Sangat Menguntungkan!!

10 Software Desain 3D Printing Terbaik
Software untuk Desain Printer 3D

Apa itu Printer 3D?

Printer 3D merupakan sebuah teknik membuat objek 3D dari model 3D atau CAD digital. Dalam proses ini, material dipadatkan atau digabungkan di bawah kendali komputer untuk membuat objek tiga dimensi. Selengkapnya baca: Printer 3D : Pengertian, Manfaat, Cara Penerapannya, Kelebihan dan Kekurangan 

Apa Saja Software atau Aplikasi Printer 3D Terbaik?

Software atau Aplikasi Printer 3D Terbaik adalah sebuah perangkat lunak yang membantu pengguna untuk membuat dan mencetak struktur 3D. Alat-alat ini mendukung berbagai format file seperti .obj, .stl, .x3d, dan. vrml, dan lainnya.

Dalam dunia usaha/bisnis 3D printing, disamping memilih mesin cetak 3 dimensi yang mempunyai kekuatan oke, Anda harus juga memilih filament yang pas. Untuk memberikan dukungan proses perancangan design, software yang gampang dibutuhkan terutama bagi pemula. Baca Juga Filamen 3D Printer Terbaik : Jenis-Jenis, Bahan, Pengertian, Cara Memilih dan Perbandingannya

Mempunyai software dipandang sebagai pilihan yang pas dan wajib dilaksanakan bahkan juga saat sebelum membeli sebuah printer 3 dimensi. Dengan perangkat lunak yang dipunyai, Anda dapat merancang dan membuat fashion yang pas saat sebelum dicetak. Ada software yang berbayar tetapi lumayan banyak yang dapat Anda dapatkan dengan gratis di beberapa situs di internet.

Software 3D Printing Design Terbaik

Untuk mempermudah Anda dalam memastikan pilihan, berikut beberapa software 3d printer yang bisa kalian coba. Untuk Anda yang telah memahami pemakaian Photoshop, software untuk 3d printing modeling berikut langsung bisa dipakai untuk usaha/bisnis 3D printing Anda.

Autodesk 

Software 3D Printer Terbaik yang direkomendasikan untuk anda adalah Autodesk 3d print software merupakan salah satu aplikasi 3d printer yang paling mendominasi pasaran. Autodesk 3D Print merupakan salah satu pilihan produk yang banyak disukai oleh desainer, dan ahli mesin.

Software 3D Printing Design Terbaik Autodesk

Software Autodesk ini mampu mencetak sebuah objek dalam bentuk apa pun secara efisien dan efektif. Selain itu memiliki fitur yang canggih dalam membuat model secara detail dan bersih. Mampu berkolaborasi dengan berbagai desainer lain di platform yang sama secara real-time. Serta software ini mampu menghasilkan sebuah desain yang berkualitas tinggi. Baca Juga 5 Rekomendasi Printer 3D Profesional Terbaik 2021

Solidwork

Software untuk Desain Printer 3D yang kedua adalah Solidworks yang hadir dengan memiliki banyak fitur detail dan unik secara profesional dalam membuat dan mencetak desain 3D yang inovatif. Sofwtare Solidworks merupakan salah satu pilihan desainer 3D yang banyak diminati. 

Software 3D Printing Design Terbaik Solidwork

Aplikasi ini menawarkan berbagai alat dan fitur dalam merancang sebuah model 3D secara efisien untuk keperluan industri. Fitur unik yang di tawarkan oleh software printer 3d ini adalah mampu merekayasa secara detail dan memiliki alat validasi untuk membuat model 3D dengan mudah. Baca Juga Rekomendasi 5 Printer 3D yang Cocok untuk Pemula dan Anak-Anak

Kemudian Solidworks menggunakan fitur sketsa 3 dimensi untuk memastikan perubahan ukuran tanpa rumit. Selain itu juga Software yang menyediakan desain secara langsung, simulasi, dan bahkan alur kerja yang sudah disederhanakan sehingga memungkinkan pemula untuk lebih mudah mengoperasikannya.

TinkerCAD

3D Modeling Software yang ketiga adalah TinkerCAD yang merupakan sebuah software design 3D online yang pas dipakai untuk pemula. Software ini memakai rancangan block bangunan simpel yang pada intinya memberikan akses pada Anda untuk membuat sebuah design dengan bentuk geometris dasar.

Software 3D Printing Design Terbaik TinkerCAD

TinkerCAD pada intinya benar-benar gampang didalami dan menjajakan beberapa tutor untuk percepat proses design. Sesudah usai membuat mode, Anda tinggal membagi atau meng-eksport file tersebut.

Jikalau Anda belum mempunyai mesin cetak sendiri, Anda dapat mengetes hasil design Anda dengan memakai service pencetakan yang disiapkan oleh TinkerCAD. Baca Juga 5 Rekomendasi Printer 3D Terbaik Harga Terjangkau Murah dan Berkualitas  

Ultimaker Cura

3D Printer Design Software yang keempat adalah CURA. CURA adalah salah satu software/aplikasi pembuatan model 3D  yang cocok untuk pemula dari Ultimaker. Berbeda dengan TinkerCAD, Cura ialah software/aplikasi printer 3D yang bisa Anda pakai untuk membuat sebuah model 3D dan mengubahnya menjadi lapisan sebagai G-Code untuk printer. 

Software 3D Printing Design Terbaik Ultimaker Cura

Fitur canggih ini merupakan sebuah kemudahan buat para pemula. Kebanyakan dari kita bahwa tidak ingin membuang filament dan waktu hanya untuk mencetak model yang mempunyai permasalahan sistematis. Jadi 3D Printer Design Software ini cukup untuk diperhitungkan. Baca Juga 5 Rekomendasi Printer 3D Kualitas Terbaik dan Murah

Onshape

Software Printer 3D Terbaik kelima adalah Onshape. Onshape merupakan aplikasi 3D yang berbasis cloud dan menjadi opsi paling mumpuni dalam pemodelan dan pencetakan 3D. Hardware Printer 3D dibangun dengan kokoh dan cukup mudah untuk digunakan jika dibandingkan dengan beberapa software 3d lainnya.

Software 3D Printing Design Terbaik Onshape

Software Onshape  berbasis cloud  ini kompatibel dan dapat digunakan di windows, smartphone, dan bahkan tablet. Selain itu juga cukup mumpuni dalam membuat dan merancang model 3D Printer secara detail. Baca Juga 5 Rekomendasi Printer 3D Berkualitas Terbaik Murah di Indonesia 

Sketchup

Software 3D Printer Terbaik keenam yang direkomendasikan untuk anda adalah Sketchup. Apabila kalian tidak begitu tertarik untuk membuat design 3D seperti patung, Anda kemungkinan ingin manfaatkan perangkat lunak yang tergantung pada garis-garis lurus dalam pembuatan model. Untuk kepentingan itu, Sketchup kemungkinan adalah yang terbaik.

Software 3D Printing Design Terbaik Sketchup

Program ini memungkinkannya orang-orang dengan pelbagai tingkat kemampuan design untuk membuat dengan kurva belajar alami. Begitu Anda mulai memakainya, perangkat lunak ini akan menjajakan beberapa fitur modern yang sebagian harus didapat dalam versi berbayar/premium.

Serupa dengan TinkerCAD, Sketchup bermanfaat untuk membuat design geometris. Karena potensinya itu, program 3d printer ini sering digunakan untuk membuat project arsitektur. Kalau itu ialah tujuan Anda, Sketchup ialah software yang pantas dicoba. Baca Juga 10 Rekomendasi Merk Produk Printer 3D Terbaik di Dunia 2021

Kelebihan yang lain ialah terdapatnya program situs. Ini memungkinkannya Anda menuntaskan design dengan memakai mekanisme operasi apa saja dan menyimpan di account yang serupa.

MakePrintable

Software 3D Printing terbaik ketujuh adalah MakePrintable. MakePrintable merupakan salah satu alat untuk merancang dan mencetak suatu model 3D apa pun. MakePrintable ini menawarkan hasil yang beresolusi tinggi yang penuh warna. Perangkat lunak untuk Printer 3D ini tersedia dalam dua warna lengkap.

Software 3D Printing Design Terbaik MakePrintable

Pada software / hardware 3d printer ini memberikan kebebasan kepada kita dalam memilih warna favorit. Selain itu menggunakan teknologi pengoptimalan model 3D terbaru. Di aplikasi ini juga dapat penyesuaian ketebalan model 3D serta Alat ini memiliki penganalisis model 3D yang detail. Baca Juga  10 Rekomendasi Pilihan Printer 3D Terbaik 

3D Slash

Software untuk 3d printing desain kedelapan adalah 3D Slash. Jika kalian ingin mendesain sesuatu yang mungkin berupa kotak-kotak, direkomendasikan untuk mencoba aplikasi 3D Slash. Software ini memungkinkannya Anda mengupload model 3D dan memecahnya jadi kotak-kotak kecil. 

Software 3D Printing Design Terbaik 3D Slash

Anda bisa mengubah pada model dengan memakai bermacam tools. Ada banyak ketidaksamaan fundamental yang bakal Anda dapatkan pada versi gratis dan versi berbayar. Baca Juga 18 Manfaat dan Kegunaan Printer 3D di Berbagai Bidang dan Konsep

Disamping potensinya untuk membuat pixelate, 3D Slash tawarkan model VR. Software ini menawarkan interface yang amat simpel dan gampang di antara semua software yang ada pada daftar ini. Alasan ini jugalah yang menjadikan opsi pas untuk pengguna di semua umur.

MeshLab

Software untuk Modeling 3D Printer kesembilan adalah MeshLab. MeshLab merupakan sebuah sistem terbuka dalam proses pencetakan 3D. Aplikasi ini cukup membantu pengguna untuk mengedit file saat sebelum mencetak objek 3 dimensi tersebut. Ini dapat digunakan untuk tekstur 3D dan pemetaan warna.

Software 3D Printing Design Terbaik MeshLab

Software 3D Printer ini menawarkan integrasi perangkat lunak seperti alat pengiris mandiri dan pemodelan 3D. Jenis perangkat lunak yang tersedia adalah aplikasi yang dapat diunduh dan platform berbasis cloud. File yang didukung adalah STL, OBJ, dan 3MF.

Meshmixer

3D Printer Design Software yang kesepuluh adalah Meshmixer. Meshmixer sebagai alternatif lain perangkat lunak yang pantas dicoba bila Anda ingin membuat mode berbentuk patung 3 dimensi yang organik. Program ini memakai mesh segitiga yang bakal membantu Anda membuat permukaan yang lembut dan rata. 

Software 3D Printing Design Terbaik Meshmixer

Seperti Cura, dalam software ada fitur yang bakal membantu Anda mengecek kekeliruan dan melakukan perbaikan secara real time. Keunggulan yang lain dipunyai oleh Meshmixer ialah kekuatannya menyiapkan design saat sebelum diciptakan. Baca Juga  Sejarah dan Perkembangan 3D Printing Dunia dan Indonesia

Selainnya lakukan pengirisan untuk memastikan tidak ada cacat struktural dalam model Anda, software ini dapat menganalisa tingkat kerapuhan model saat sebelum proses cetak berjalan. Ini pasti akan menolong Anda menghindar eror dan mengurangi pemakaian material/filament.

Penutup

Nah itulah beberapa review rekomendasi Software 3D Printing Terbaik yang dapat menjadi sebuah pilihan untuk kalian gunakan dalam mendesain dan mencetak file 3 Dimensi dengan efektif dan efesien. Semoga artikel Software untuk Desain Printer 3D dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa share yaaaaa....


ARTIKEL LAINNYA