Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ngeprint Lewat HP ke Printer Canon, Epson dan Brother

Cara Ngeprint dari HP - Artikel kali ini akan membahas Cara Ngeprint Lewat HP ke Printer Canon dan Brother. Ngeprint dokumen kini bisa dilakukan oleh semua orang, mulai dari pegawai kantoran, pelajar, mahasiswa, sales, dan pedagang. Karena kemajuan teknologi, ponsel Android kini dapat digunakan untuk menyimpan, melihat, bahkan mencetak dokumen. 

Sebelumnya, Anda harus menggunakan PC/laptop yang terhubung dengan printer untuk mencetak kertas. Namun, saat ini hp sekarang dapat melakukan fungsi yang sama yaitu printer yang bisa print lewat hp.

cara ngeprint lewat hp ke printer canon

Apakah Anda tahu cara print langsung dari HP ke printer tanpa menggunakan komputer? Jika belum, kalian bisa cermati tutorial bagaimana cara ngeprint lewat hp ke printer dengan artikel berikut ini. 

Cara Print Out dari HP Android ke Printer Merk Apapun Tanpa Menggunakan Kabel 

Kebutuhan utama perangkat printer untuk dapat print out dokumen dari HP tanpa harus menggunakan kabel adalah satu hal yang sangat membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan. Tentu saja, jika Anda masih memiliki printer yang ketinggalan zaman, Anda akan kesulitan mengikuti panduan ini.

Jika Anda ingin mencetak dokumen secara massal, Anda juga dapat menggunakan fungsi OTG ponsel Anda. Tentu akan sangat nyaman karena tidak perlu membawa laptop. Anda dapat menyimak artikel tutorial ini tentang cara ngeprint lewat hp ke printer canon, Epson, dan Brother.

Petunjuk Print melalui HP

Ngeprint dari smartphone atau HP sudah menjadi praktik umum bagi banyak orang, mulai dari pelajar hingga karyawan bahkan pengusaha sekalipun. Setiap orang mungkin pernah menggunakan printer untuk mencetak file dokumen. 

Namun, banyak orang yang tidak mengetahui cara print dari HP dengan cara yang sederhana dan lugas. Meskipun menggunakan ponsel sebagai media penghubung dengan alat cetak tampaknya lebih sulit, teknik ini lebih berhasil. 

Tentunya bagi mereka yang menghargai efisiensi waktu, seperti pelajar dan mahasiswa. Print dari HP ke Printer ada banyak cara seperti link artikel dibawah ini salah satunya dengan cara print dari hp ke printer epson.

  1. Cara Print Lewat HP dengan OTG
  2. Cara Print File dari HP ke Printer melalui Aplikasi Android
  3. Cara Ngeprint dari HP tanpa Kabel
  4. Cara Print dari HP melalui Bluetooth
  5. Aplikasi Print Struk Printer Via Android

Cara ngeprint yang digunakan cukup bervariasi berdasarkan kebutuhan Anda dan jenis printer yang Anda miliki. Namun, banyak orang bingung bagaimana caranya. Cara pertama adalah dengan memanfaatkan smartphone iOS untuk mencetak dokumen melalui printer. 

Tidak seperti smartphone Android lainnya, Apple menawarkan fungsi khusus yang disebut AirPrint yang dapat digunakan untuk melakukan pencetakan file. Anda tidak perlu menginstal banyak aplikasi untuk berbagai merek printer jika menggunakan aplikasi printer ini. 

Prosedur yang diperlukan untuk menggunakan aplikasi printer android/iphone ini juga sederhana, seperti mengakses dokumen yang disimpan di perangkat Apple yang ingin Anda cetak. Kemudian, tekan tombol bagikan dan pilih ikon cetak; Anda akan disajikan dengan sejumlah pilihan printer yang dapat di gunakan.

Cara Menggunakan Printer untuk Mencetak dari HP

Tutorial di bawah ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana caranya print dari hp ke printer dengan praktis dan cukup mudah untuk di lakukan oleh siapa saja . 

  1. Langkah pertama adalah instal instal aplikasi HP Print Service
  2. Hubungkan printer ke smartphone yang terhubung ke jaringan yang sama. Jika Anda telah menginstal aplikasi HP Print Service yang saat ini dapat diakses di Play Store, fungsinya adalah untuk mencetak dokumen dengan segera tanpa kesulitan. 
  3. Kemudian, buka dokumen atau gambar yang ingin Anda print out, lalu klik menu tiga titik, yang biasanya terletak di kanan atas, lalu pilih cetak. 
  4. Silahkan klik HP Print Service Plugin kemudian Pilihlah ukuran kertas untuk ngeprint out file atau gambar yang kalian inginkan
  5. Kemudian, di sudut kanan atas, tekan ikon cetak. Jika printer dan smartphone tidak terhubung ke jaringan yang sama, jangan panik; ada pilihan alternatif. 
  6. Kalian klik tombol wireless direct icon yang terdapat di printer hp kalian, jangan lupa pastikan terlebih dahulu Wi-Fi Direct telah aktif
  7. Selanjutnya, pilih menu setting guna mastiin password dan network namenya, barulah kalian koneksikan HP anda ke Printer Canon, Brother maupun Epson.
  8. Terakhir, kalian isi nama jaringan dan passwordnya yang sudah kalian dapatkan tadi.
  9. Selamat Cara Ngeprint dari HP sudah berhasil

Cara Print Dari HP ke Semua Merek Printer (Canon, Epson, HP, Brother)

Selanjutnya tutorial cara print dari HP ke merk printer apapun (Canon, Epson, HP, dll) dengan cepat dan mudah . Kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya agar paham bagaimana Cara Mencetak Dari HP ke Semua Merek Printer (Canon, Epson, HP, Brother, dll) dan inilah beberapa printer yang bisa print lewat hp sebagai berikut:

Cara Ngeprint dari HP ke Printer Epson

Jika Anda memiliki printer Epson, Anda tidak perlu khawatir tentang cara ngprint out dokumen tanpa harus menggunakan komputer. Berikut ini adalah cara bagaimana ngprint out dari hp ke printer epson secara mudah dan praktis
  1. Instal aplikasi Epson Print di smartphone yang ingin Anda gunakan setelah itu login ke aplikasi.
  2. Pilih fitur untuk mencetak file anda dari hp ke printer, lalu klik ikon print
  3. Fitur lainnya di aplikasi ini adalah bisa melakukan scan file melalui hp
  4. Wajib di perhatikan printer dan hp sudah terkoneksi dalam network yang sama 

Cara Print Out Lewat HP ke Printer Brother

Printer Brother merupakan salah satu merk printer yang dapat dimanfaatkan untuk ngeprint dokumen dari hp ke printer, dan tidak jauh berbeda dengan printer lain pada umumnya yakni Anda harus mendownload aplikasi merek printer ini terlebih dahulu; 
  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh Brother iPrint&Scan jika belum.
  2. Langkah selanjutnya adalah memilih opsi Cetak, yang dapat ditemukan di menu utama aplikasi. Jika sudah selesai, pilih dokumen yang ingin Anda print.
  3. Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk ngeprint out dokumen, tetapi juga dapat digunakan untuk melakukan tugas lain yang terkait dengan pemindaian dokumen.

Tutorial Cara Print dari HP ke Printer Canon

  1. Untuk memulai, koneksikan HP kalian dengan printer caranya melalui menghubungkan dengan kabel OTG.
  2. Kemudian, cari di Playstore Mobile Print lalu download dan instal aplikasi androit tersebut
  3. Kemudian akan muncul pesan bahwa izin untuk mengakses USB telah diberikan akan muncul. Harap centang kotak di samping "Gunakan perangkat USB..." lalu klik OK.
  4. Selanjutnya Anda memilih halaman dari file dokumen yang ingin Anda cetak, apakah itu pdf, word, atau format lainnya. Jadi yang dicentang adalah yang dicetak, dan yang tidak dicentang adalah yang tidak dicetak. Kemudian, tekan tombol Cetak.
  5. Merk dan jenis cetakan yang terhubung saat ini akan ditampilkan sebelum melakukan print out dokumen. kalian harus memilih merek printer yang sedang terhubung. Setelah itu, proses print dari hp ke printer akan dimulai.

Akhir Kata

Nah itu guys beberapa cara print dari hp ke printer, bagaimana cukup mudah kan? Semoga Tutorial Cara Print lewat HP Ke Semua Merk Printer (Canon, Epson, HP, Brother dll) bermanfaat buat teman-teman. Semoga tidak ada kendala saat mengikuti Cara Print dari HP ke Semua Merk Printer diatas. Terima kasih banyak.

Artikel Lainnya: