Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat 3D Printing dalam Konstruksi Bangunan

BangNagol. Perkembangan teknologi mesin 3D Printer sebagai alat percetakan yang menggunakan sebuah sistem metode manufaktur aditif dengan tujuan untuk menghasilkan sebuah benda atau objek tiga dimensi (3D) sesuai dengan file bawaan desain digitalnya.

Mesin 3D Printer akan melakukan interpretasi data pada soft-file desain yang telah dibuat dan dilanjutkan pada proses percetakan layer by layer material pada filamen hingga objek atau benda 3d sudah terbentuk sebagaimana semestinya.

Ada berbagai macam material filamen yang dapat dipergunakan misalnya saja filamen yang terbuat dari beton, plastik, baja, kayu dan lain sebagainya. Baca Selengkapnya Filament 3D Printer Terbaik : Jenis-Jenis, Bahan, Pengertian, Cara Memilih dan Perbandingannya.

Manfaat Printer 3D

Printer 3D sendiri memiliki berbagai macam manfaat untuk kehidupan manusia yang dapat diaplikasikan di segala bidang. Contohnya, dapat dimanfaatkan untuk industri makananindustri medis (kedokteran) misalnya membuat sebuah replika organ tubuh manusia dan lain sebagainya.

Manfaat Adanya 3D Printing (tiga dimensi) dalam Konstruksi Bangunan Artikel 3D Printer,Manfaat 3d Printer,3D Printer dalam Manufaktur,Inovasi Mesin Cetak Bangunan 3D,Cara Kerja 3D Printer,Cara Menggunakan 3D Printer,Penerapan 3D Printing,

Ada banyak manfaat yang bisa difungsikan melalui 3D Printing ini, kalian bisa membacanya melalui artikel 18 Manfaat dan Kegunaan Printer 3D di Berbagai Bidang dan Konsep, untuk tujuan medis atau kesehatan melalui artikel ini Manfaat dan Fungsi 3D Printing di Dunia Medis/Kesehatan.

Sejarah dan Pengertian Printer 3D

Apa itu Printer 3D? Printer 3D adalah sebuah mesin pencetak yang mencetak objek secara 3 dimensi yang bisa dilihat, dipegang dan mempunyai volume. Printer 3D, juga dikenal sebagai Additive Manufacturing (AM), mengacu pada proses yang digunakan untuk membuat objek tiga dimensi di mana lapisan material dibentuk di bawah kendali komputer untuk membuat objek.

Sejarahnya 3D Printer pertama kalinya ditemukan Dr. Kodama pada tahun 1980-an. Kodama menemukan sebuah teknik dalam dunia percetakan 3D dengan memanfaatkan bahan untuk mendapati suatu produk yang cukup optimal. Selengkapnya Sejarah dan Perkembangan 3D Printing Dunia dan Indonesia.

Manfaat Adanya 3D Printing (tiga dimensi) dalam Konstruksi Bangunan

Printer 3D  memiliki banyak manfaat di berbagai bidang. Sebagaimana pada topik artikel ini yang membahas tentang Manfaat Printer 3D dalam Arsitektur dan Konstruksi. 3D Printing juga dimanfaatkan di bidang industri otomotif, konstruksi bangunan hingga mampu membuat perlengkapan mobil bahkan pesawat terbang sekalipun.

Nah yang menjadi sasaran utama dalam artikel ini menjelaskan manfaat adanya tiga dimensi printing dalam konstruksi bangunan, sebagai berikut:

Manfaat 3D Printer dalam Konstruksi dan Manufaktur (Arsitektur)

  1. Berkat kecanggihan teknologi 3D Printer ini, proses pekerjaan dari seorang Arsitek menjadi lebih efektif dan efisien. Ketika arsitek ingin membuat sebuah model miniatur bangunan (maket) tidak memerlukan waktu yang lama dengan hasil yang sangat berkualitas. Arsitek dapat dengan leluasa mendeskripsikan ide atau gagasan desain maket yang mereka inginkan.
  2. 3D Printer di dunia konstruksi cukup banyak kegunaannya dalam mencetak bagian-bagian bangunan yang dinginkan yang kemudian masuk pada proses pembangunan
  3. Selanjutnya pada industri furniture atau mebel. Dengan adanya teknologi canggih ini banyak perusaahaan yang membuat paviliun, kursi, meja yang proses pengerjaan melalui printer 3D.
  4. Dalam beberapa dekade terakhir banyak negara maju menggunakan teknologi 3d printing dalam membuat bangunan secara keseluruhannya berasal dari hasil cetakan 3d printer. Pakar arsitek mengatakan bahwa konstruksi bangunan tersebut cukup kuat, aman dan dapat diandalkan, walaupun untuk saat ini belum ditempati.

Bahan-Bahan Printer 3D

Teknologi printer 3d dengan kemajuannya yang pesat, bahan material yang sering dipakai sebagai tinta 3d printer, sebenarnya merupakan bahan yang serupa dengan bahan plastik seperti berikut ini:

Resin

Resin bisa dipakai untuk sebuah design dan model yang terperinci. Bahan ini mampu memberikan permukaan halus dan tepi yang tajam. Bahan ini tak tersedia dalam pelbagai warna, namun bisa secara mudahnya kalian cat.

Plastik Nylon Putih

Bahan Nylon Putih mempunyai beragam aplikasi karena elastisitas dan kemampuannya, dan mempunyai permukaan butiran berpasir.

Logam

Logam tergolong pada bahan perunggu,perak,kromium,aluminium,titanium,emas dan stainless steel. Bahan ini memilliki kualitas yang sangat tinggi. Bahan yang dapat dimanfaatkan untuk proses produksi perhiasan.

Gypsum

Gypsum / Sandstone yang kaku dan mudah rapuh namun memiliki karakter buat tekstur berwarna. Bisa dimanfaatkan dalam membuat design produk, model arsitektur, dan bahkan pada kreasi seni yang baik.

ABS

Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS) merupakan termoplastik yang umum dipakai untuk injeksi percetakan. Bahan ini benar-benar bertahan lama dan tahan panas. Programnya tergolong suku cadang otomotif dan batu bata LEGO yang terkenal.

PLA

Polylactic Acid (PLA) merupakan pilihan ramah lingkungan karena didapat dari sumber daya alam. Bahan ini merupakan termoplastik yang bisa terbiodegradasi, dibentuk dari tepung jagung, tebu, dan tepung kentang. Bahan yang dapat dipakai untuk kemasan makanan, baju, dan yang terpenting untuk tujuan medis implan bedah.

Cara Kerja Printer 3D dalam Pekerjaan Konstruksi

Konstruksi merupakan sebuah proses yang kompleks, dalam penggunaan teknologi Printer 3 dimensi. Dalam pembuatan layer by layer sebuah material gedung, beton akan diperas dari nosel yang kemudian dipasang di lengan robot yang telah diprogram dengan komputer. 

Mesin 3D Printer dapat berada dalam status diam pada tempat atau berjalan pada sepanjang rel. Sambil bergerak, layer by layer bangunan pun akan dibuat. Dimulai dari sisi exterior sampai interiornya.

Banyak pengguna sekaligus penggemar teknologi printer 3 dimensi ini mengeklaim jika teknologi ini menjajakan suatu proses pembangunan property yang lebih murah serta lebih ramah lingkungan kalau dibandingkan dengan sistem konservatif. 

Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh teknologi 3d printer ini diantaranya ialah pengurangan ongkos konstruksi, fleksibilitas design, pemakaian bahan yang lebih efektif dan tingkat kebersinambungan yang semakin tinggi. Sisa sampah konstruksi juga dapat terminimalisir termasuk polusi udara yang dihasilkan.

Kelebihan dan Kekurangan Printer 3D

Disamping itu, teknologi printer 3 dimensi memberikan beragam Kelebihan dan Kekurangan lainnya yaitu:

Kelebihan 3D Printer

Pembangunan secara global. Dengan sistem otomatis dan mekanisasi yang kian modern, dapat menurunkan biaya atau harga dalam membuat sebuah bangunan atau perumahan. 

Perencanaan project yang lebih bagus. Sisi yang perlu dalam tiap project ialah design. Dengan printer 3 dimensi, perusahaan bisa dengan cepat dan murah untuk membuat model visual project dan menghindari problem pada proses pembangunan

Lebih efektif dalam pemenuhan keinginan konsumen. Dengan pencetakan 3 dimensi, para karyawan professional konstruksi bisa melakukan komunikasi lebih efektif dengan para klien. 

Gagasan pembangunan bisa tergambar jelas hingga para konsumen yang bahkan juga tidak memahami arsitektur bisa juga mengerti. Teknologi ini bisa menyingkirkan presentasi design dengan pensil dan kertas yang telah tertinggal jaman.

Kekurangan Printer 3D

Pencetakan 3D kemungkinan sebagai opsi yang relatif susah dilakukan. Cara ini akan memerlukan ahli yang trampil yang bisa tangani robotika dan detail tekhnis untuk bekerja di lokasi project.

Printer 3D sekarang ini menghasilkan ukuran terbatas untuk elemen bangunan dan mereka cuman bisa mencetak satu bagian dari satu waktu. Beberapa produk printer 3D memerlukan perawatan dan pemrosesan selanjutnya agar terpasang.

Akhir Kata

Sekian artikel tentang Manfaat 3D Printing dalam Konstruksi Bangunan untuk yang sedang membutuhkannya. Semoga dengan penjelasan singkat ini dapat membantu kalian untuk keperluan pribadi. Jangan lupa share Manfaat Adanya 3D Printing (tiga dimensi) dalam Konstruksi Bangunan supaya banyak yang mengetahui manfaatnya untuk arsitek.

Artikel Lainnya