Scroll untuk melanjutkan membaca
5 Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris Secara Ampuh

5 Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris Secara Ampuh

Bingung dengan cara mengatasi hasil print bergaris? Tenang saja karena ada beberapa cara terbaik yang bisa Anda gunakan.

Sebagus apapun printer yang dibeli, tetap saja perangkat ini punya keluhan atau masalahnya sendiri-sendiri. Terlebih jika digunakan dalam jangka panjang.

Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris Besar dan Kecil

5 Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris Secara Ampuh
Salah satu masalah yang paling sering ditemui pada printer adalah hasil print tidak seperti yang diharapkan. Bisa saja hasil print bergaris sehingga merusak kualitas print.

Jika Anda mengalami masalah ini, maka Anda tidak perlu panik karena ada cara untuk mengatasi hal tersebut,

Untuk penyebab dari masalah ini sendiri sebenarnya cukup beragam. Itulah kenapa untuk cara mengatasinya pun juga cukup banyak.

Anda setidaknya perlu tahu apa penyebabnya terlebih dahulu agar Anda bisa menemukan solusinya secara efektif. Adapun caranya sebagai berikut:

1. Cek dan Bersihkan Bagian Encoder

Di bagian belakang cartridge ada benda panjang yang mirip dengan mika. Benda inilah yang disebut Encoder.

Benda ini mempunyai fungsi sebagai alat sensor. Karena Encoder punya pengaruh yang penting terhadap hasil print, usahakan jangan sampai Encoder kotor.

Oleh karena itu, periksa Encoder di printer terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Apabila Encoder sudah mulai kotor, lakukan pembersihan di bagian Encoder tersebut.

2. Cek dan Bersihkan Bagian Cartridge

Dikutip dari blog EzTekno cara untuk mengatasi hasil print bergaris selanjutnya adalah dengan mengecek Cartridge di printer yang Anda gunakan. Sebagai pengguna printer, tentunya sudah tahu jika ini adalah bagian print yang sangat berpengaruh bagi wadah penyimpanan tinta printer.

Jadi, ada baiknya selalu mengecek cartridge terlebih dahulu sebelum printer digunakan. Apakah tinta printernya sudah menggumpal atau belum.

Jika ternyata tinta di dalam cartridge menggumpal, inilah yang menyebabkan hasil print menjadi bergaris. Untuk mengatasinya, lepas cartridge dan rendam head cartridge dengan menggunakan air hangat.

3. Bersihkan Tinta Pada Cartridge

Ada satu lagi cara mengatasi hasil print bergaris dengan mudah dan tidak ribet. Caranya yakni dengan membersihkan tinta yang ada di bagian cartridge.

 Sebelum itu, usahakan untuk mengosongkan tinta di cartridge printer terlebih dahulu. Caranya dengan menyedot semua tinta yang ada di dalam cartridge pakai suntikan.

Setelah isi tintanya kosong, baru isi bagian Cartridge dengan tinta baru. Cara ini sangat efek untuk mengatasi hasil print yang bergaris.

4. Coba Head Cleaning

Namanya juga pakai teknologi modern, tentunya printer sudah dibekali dengan fitur yang membantu penggunanya untuk mengatasi masalah saat menggunakan perangkat. Salah satu metodenya adalah dengan memakai Head Cleaning.

Head Cleaning merupakan fitur yang bisa mengatasi berbagai masalah pada printer. Salah satunya adalah hasil print yang bergaris.

Untuk mengakses juga mudah. Ikuti tutorial berikut:

  • Pertama, masuk ke menu Control Panel pada laptop atau PC Anda.
  • Kemudian pilih Hardware and Sound.
  • Lalu masuk ke menu Devices and Printers. 
  • Lanjutkan dengan mengakses fitur Head Cleaning.
  • Kemudian pilih Cleaning / Deep Cleaning.

Otomatis, PC ataupun laptop melakukan pembersihan di head cartridge printer dan sekaligus melancarkan bagian aliran tintanya. Akhirnya, masalah hasil print bergaris tidak akan Anda alami lagi.

5. Gunakan Cartridge Warna

Sudah melakukan cara mengatasi hasil print bergaris di atas tapi ternyata belum berhasil? Kalau begitu, Anda bisa mengubah pengaturan printer jadi.

Untuk melakukannya, ikuti panduan berikut ini:

  • Langkah pertama, buka terlebih dahulu Microsoft Office yang sudah didownload di perangkat.
  • Kemudian tekan CTRL + P.
  • Selanjutnya di menu Properties, pilih Maintenance.
  • Kemudian pilih fitur Ink Cartridge Settings.
  • Selanjutnya pilih Color Only.
  • Terakhir, pilih OK.

Setelah itu, coba printer untuk mencetak dokumen yang akan diprint. Biasanya, hasil print sudah kembali normal tanpa ada garis lagi.

Akhir Kata

Cara mengatasi hasil print bergaris sangatlah mudah sehingga siapapun bahkan pemula bisa mencobanya di rumah. Jika lima cara di atas masih gagal, bawa saja ke ahlinya agar mendapat penanganan yang tepat.

Semoga beberapa solusi di atas dapat memperbaiki hasil print yang bergaris agar normal kembali. Selamat mencoaba!

Bang Nagol
Situs Review dan Rekomendasi Printer dan 3D Printer, Tutorial Printer, Tips dan Trik Printer